Waspada DBD, Eko Wijaya Imbau Masyarakat Bersihkan Lingkungan

Eko Wijaya, Anggota DPR RI, Fraksi Demokrat mengatakan untuk memberantas penyakit DBD ini hanya cukup membersihkan lingkungan sekitar.

Waspada DBD, Eko Wijaya Imbau Masyarakat Bersihkan Lingkungan
Bangkapos
Eko Wijaya 

BANGKAPOS.COM  – Memasuki musim penghujan penyakit demam berdarah (DBD) harus segera diwaspadai. Dikhawatirkan penyakit menjadi wabah dan menyerang masyarakat di Provinsi Bangka Belitung.

Beberapa daerah, sudah ada yang terkena DBD. Penyakit yang berasal dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti bisa menyebabkan kematian.

Eko Wijaya, Anggota DPR RI, Fraksi Demokrat mengatakan untuk memberantas penyakit DBD ini hanya cukup membersihkan lingkungan sekitar. Tempat-tempat yang ada genangan air harus dibersihkan.

“Jangan sampai DBD ini menyerang warga kita. Tapi bisa kita antisipasi dengan membersihkan lingkungan disekitar kita,” kata Eko Wijaya, Senin (28/1/2019).

Ketua DPD Partai Demokrat, Babel ini juga mengimbau masyarakat rutin menguras bak mandi. Sampah barang-barang bekas yang bisa menampung air segera ditanam agar tak menjadi sarang nyamuk.

Eko Wijaya juga menjelaskan ada beberapa tanda-tanda penyakit DBD. Diantaranya demam tinggi, nyeri otot, mual atau muntah-muntah, sakit kepala dan bintik-bintik di areal tertentu di tubuh.

“Kalau masyarakat menemui tanda-tanda itu segeralah periksa ke dokter, dan jangan dibiarkan terlalu lalu. Khususnya pada anak-anak kita. Dikhawatirkan ada gejala DBD nya,” imbau Eko Wijaya.

Sementara kepada pemerintah daerah, Caleg DPR RI ini juga mengimbau agar segera bertindak. Melakukan penyemprotan atau fogging dilingkungan rumah warga, apalagi saat ini sedang musim penghujan.

“Penyemprotan ini penting dilakukan agar bisa mematikan bibit nyamuk dilingkungan rumah warga kita,” kata Eko Wijaya.

Menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan merupakan cara hidup sehat. Dengan demikian masyarakat hidup lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved