Bangka Tengah Satu Satunya Kabupaten Raih Predikat Nilai BB

Bangka Tengah Satu Satunya Kabupaten Raih Predikat Nilai BB dalam LHE SAKIP tahun 2018.

Bangka Tengah Satu Satunya Kabupaten Raih Predikat Nilai BB
IST/humas Bateng
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE SAKIP) Tahun 2018. 

BANGKAPOS.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE SAKIP) Tahun 2018 kepada 174 Pemerintah Kabupaten/Kota dan 11 Pemerintah Provinsi di Wilayah Regional 1.Pada penyerahan hasil evaluasi tersebut Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah memperoleh predikat nilai (BB).

Kategori nilai tersebut adalah A (80-90), BB (70-80), B (60-70), CC (50-60), C (30-50) dan D (0-30).

Dalam penyerahan tersebut hanya satu pemerintah daerah yang berhasil meraih predikat “AA” yaitu Provinsi Jateng, sedangkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hanya mendapatkan predikat “B”.

Disamping itu, terdapat 5 Kab/kota mendapat predikat D, 97 Kab/kota mendapat predikat C, 162 kabupaten/kota dengan predikat CC, 185 kab/kota dapat predikat B, 40 kab/kota dengan predikat BB, dan 9 kabupaten/kota yang meraih predikat A.

Untuk predikat nilai “BB” di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hanya Kabupaten Bangka Tengah yang mendapatkannya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi langsung menyerahkan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 kepada pemerintah daerah di wilayah I, di The Trans Luxury Hotel Bandung, Senin (28/1).

Dalam sambutannya, Menteri PANRB Syafruddin menegaskan bahwa keseriusan dan komitmen bupati, wali kota dan sekretaris daerah sangat diperlukan untuk mendorong percepatan implementasi reformasi birokrasi.

Kepala Daerah diharapkan memberikan perhatian guna terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik sekaligus berorientasi kepada hasil serta manfaatnya.

“Saya sarankan segera lakukan replikasi ke instansi pemerintah lain yang sudah lebih baik dalam penerapan SAKIPnya,” tegasnya saat memberikan arahan pada Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja pada Pemerintah Kabupaten/Kota Wilayah I, Senin (28/1)

Menteri Syaruddin juga mengapresiasi capaian yang telah didapat oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dengan predikat baik hingga sangat baik. Keberhasilan dalam implementasi SAKIP tersebut sangat berdampak pada efisiensi dalam penggunaan anggaran.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved