Kasus DBD di Babel Masih Terbilang Wajar, Dinas Kesehatan hingga Puskesmas Sosialisasi Pencegahannya

Penyakit yang rutin menyerang di musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk ini memang harus diantisipasi mengingat intensitas hujan cukup tinggi

Kasus DBD di Babel Masih Terbilang Wajar, Dinas Kesehatan hingga Puskesmas Sosialisasi Pencegahannya
Bangka Pos/Krisyanidayati
Gubernur Babel Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di Babel belum masuk dalam katagori Kejadian Luar Biasa (KLB) atau mewabah.

Ia menyebutkan dinas kesehatan hingga puskesmas telah mengantisipasi dengan kegiatan promosi dan sosialisasi untuk mencegah DBD.

Penyakit yang rutin menyerang setiap musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk ini memang harus diantisipasi mengingat intensitas hujan yang terjadi cukup tinggi.

"Sampai sekarang kita belum menemukan kasus yang mewabah, ada satu dua yang ada di rumah sakit. Masih dalam tingkat wajar dan ini bukan berarti kita tidak melakukan apa-apa, hujan sudah tinggi begini jumlah yang terserang belum banyak artinya apa yang dilakukan dinkes dan jajarannya untuk mencegah DBD kelihatan hasilnya," kata Erzaldi, Senin (28/1/2019).

Mantan Bupati Bangka Tengah itu menyebutkan, Indonesia sebagai negara memiliki dua musim memang beresiko terjadinya DBD terutama musim hujan. Mendekati musim hujan promosi dan sosialiasi pencegahan ini harus digalakkan untuk menekan jumlah kasus.

"Kita intinya lebih baik mencegah daripada mengobati, dan saya rasa dalam tahun keberhasilan promosi dinkes sampai ke pada level bawah dalam hal ini desa dan ibu PKK nya itu dilakukan dengan baik," sebutnya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved