100 Persen Warga Buku Limau Gunakan Kompor Listrik

Penduduk Pulau Buku Limau Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kep. Bangka Belitung saat ini menggunakan kompor listrik untuk memasak

100 Persen Warga Buku Limau Gunakan Kompor Listrik
Istimewa
Penggunaan kompor listrik untuk kegiatan memasak sehari-hari sudah diminati warga 

BANGKAPOS.COM  -- Penduduk Pulau Buku Limau Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kep. Bangka Belitung saat ini menggunakan kompor listrik untuk memasak, setelah PLN berhasil menyalakan listrik 24 jam di daerah itu.

 "Sebanyak 122 masyarakat di Pulau Buku Limau sekarang sudah bisa menikmati teknologi kompor induksi listrik sebagai pengganti maupun pelengkap minyak tanah maupun gas untuk memasak sehari-hari," kata Abdul Mukhlis, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Rabu (30/01/2019).

Diungkapkannya, Ketersediaan pasokan listrik saat ini kapasitas terpasang PLTD Buku Limau sebesar 400 kilo watt (kW) dengan beban puncak sebesar 39 kW yang didukung oleh 1,6 kms jaringan tegangan rendah (JTR) dan 38 batang tiang besi.

"Dengan 100 persen penggunaan kompor induksi listrik yang pertama di Indonesia ini, diharapkan beban puncak meningkat menjadi sekitar 50 kW sampai 80 kW sehingga mesin dapat beroperasi dengan maksimal selama 24 jam," harapnya.

Ditegaskannya, PLN akan terus berkomitmen melistriki pulau-pulau yang kesulitan mendapatkan akses listrik.

"Semuanya akan kami tuntaskan pada tahun 2019 mendatang" ujarnya.

Saat ini PLN sedang dalam proses membangun aliran listrik di Pulau Kalapan, Pulau Tanjung Tinggi, dan Pulau Panjang di Kabupaten Bangka Selatan, dimana masing-masing berkapasitas 40 kW.

"Tahun 2019 ini akan dibangun juga listrik untuk lima pulau kecil yang ada di Kabupaten Belitung, yaitu Pulau Rotan, Pulau Long, Pulau Berlian, Pulau Buntar dan Pulau Batung," ungkapnya. (BANGKAPOS.COM/EDWARDI)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved