Imlek 2019

Deretan Hal Tabu yang Dipercaya Tidak Boleh Dilakukan Saat Perayaan Tahun Baru Imlek 2019

Orang-orang Cina percaya bahwa ada hal-hal tertentu yang masih dianggap tabu ketika dilakukan pada saat menyambut tahun baru Imlek.

Deretan Hal Tabu yang Dipercaya Tidak Boleh Dilakukan Saat Perayaan Tahun Baru Imlek 2019
Bangkapos/Putrie Agusti Saleha
Angpao Imlek 2019 

BANGKAPOS.COM - Orang-orang Cina percaya bahwa ada hal-hal tertentu yang masih dianggap tabu atau tidak boleh dilakukan ketika dilakukan pada saat menyambut tahun baru Imlek.

Karena, apa yang Anda lakukan akan mempengaruhi keberuntungan Anda di tahun yang akan datang. Dan sebagaimana diketahui pada tahun ini Tahun Baru Imlek akan jatuh pada tanggal 5 Februari 2019.

Secara tradisional banyak hal tabu dikaitkan dengan Festival Tahun Baru Cina, tetapi dalam beberapa tahun terakhir beberapa dari hal tabu tersebut telah jarang dilakukan, terutama di antara populasi perkotaan modern yang tinggal di kota-kota besar dan generasi muda.

Berikut beberapa hal tabu yang dilakukan pada saat perayaan tahun baru Imlek 2019, sebagaimana dilansir dari www.chinahighlights.com.

1. Hindari Mengkonsumsi Obat-Obatan

Adalah tabu bagi seseorang untuk menyeduh obat herbal atau minum obat pada hari pertama tahun lunar, jika tidak, diyakini ia akan sakit selama setahun penuh.

Di beberapa tempat, setelah lonceng diumumkannya Tahun Baru di tengah malam, orang sakit akan memecah gallipots mereka (pot obat) dengan keyakinan bahwa kebiasaan ini akan mengusir penyakit di tahun mendatang.

2. Tidak Diperbolehkan Menyapu Lantai atau Membuang Sampah

Apabila seseorang menyapu rumah mereka pada hari tahun baru Cina maka akan dikaitkan dengan membuang kekayaan. Maka dari iru, hal tersebut masih dianggap tabu untuk tidak dilakukan dalam budaya Cina.

Membuang sampah juga melambangkan membuang keberuntungan dari rumah.

Halaman
12
Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: ediyusmanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved