Eko Wijaya Harapkan Dana Desa dan Dana Kelurahan Sejahterakan Masyarakat Babel

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan mendapatkan dana desa dan dana kelurahan pada tahun ini.

Eko Wijaya Harapkan Dana Desa dan Dana Kelurahan Sejahterakan Masyarakat Babel
Bangka Pos
Eko Wijaya Harapkan Dana Desa dan Dana Kelurahan Sejahterakan Masyarakat Babel 

BANGKAPOS.COM  -- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan mendapatkan dana desa dan dana kelurahan pada tahun ini. Dana yang cukup besar itu diharapkan agar bisa dimanfaatkan dengan baik dan maksimal untuk pembangunan di desa.

“Kita sama – sama berharap dana desa dan dana kelurahan ini dapat menyejahterakan masyarakat Babel,” ujar Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Eko Wijaya, Rabu (30/1).

Ketua DPD Partai Demokrat Babel ini menjelaskan dana desa dan dana kelurahan sedapat mungkin dikelola secara efektif. Penggunaan dana desa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing desa dan kelurahan yang ada.

“Misal untuk pemberdayaan masyarakat, mengentaskan kemiskinan, mengurangi pengangguran dan pembangunan infrastruktur. Jangan sebaliknya, dana desa serta dana kelurahan digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan,” kata Eko Wijaya.

Agar pengelolaan dana desa serta dana kelurahan ini efektif, menurut Eko Wijaya perlu ada pembinaan dan pengawasan dari pihak yang berwenang.

Pembinaan dan pengawasan ini dilakukan secara berkala kepada perangkat desa dan pendamping desa.

“Tujuannya guna mencegah penyalahgunaan dana tersebut baik sengaja atau tidak disengaja. Sebelumnya kepolisian pernah menemukan penyelewengan dana desa seperti penggelapan, pemotongan anggaran, hingga pembuatan laporan fiktif,” tegas Eko Wijaya.

DPP Partai Demokrat, lanjut Eko, juga telah meluncurkan program untuk melindungi integritas kepala desa dari ancaman dan jeratan korupsi.

Perlindungan ini penting dilakukan mengingat banyak peraturan baru tentang desa. Dikhawatirkan terjadi permasalahan administrasi hingga menjerat pengelola dana desa dan kelurahan.

“Kami Demokrat siap memberikan perlindungan dan bantuan hukum untuk kepala desa seluruh Indonesia,” pungkas Eko Wijaya

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved