Tim Gabungan Tertibkan TI di Kawasan Ampui, Hanya Ditemukan Alat Tanpa Pekerja

Tim gabungan melakukan penertiban tambang inkonvensional (TI) di kawasan Ampui, Kecamatan Pangkalbalam, Rabu (30/1/2019).

Tim Gabungan Tertibkan TI di Kawasan Ampui, Hanya Ditemukan Alat Tanpa Pekerja
Bangkapos/irakurniati
Tim gabungan menindaklanjuti laporan mengenai keberadaan TI di kawasan Ampui, Rabu (30/1/2019) 

BANGKAPOS.COM - Tim gabungan yang terdiri dari Polres Pangkalpinang, Satpol PP Pangkalpinang dan Subdenpom Bangka II/4-2 Bangka, melakukan penertiban tambang inkonvensional (TI) di kawasan Ampui, Kecamatan Pangkalbalam, Rabu (30/1/2019).

Puluhan personel yang terjun memantau lokasi, mendapati sejumlah ponton TI yang berisi alat biasanya digunakan penambang, berupa sakan dan pipa. Namun, pada saat dilakukan penertiban, baik pekerja maupun pemilik tidak tampak berada di lokasi.

Wakapolres Pangkalpinang, Kompol Nursamsi, mengatakan, sebelum dilakukan penindakan hari ini, pihaknya sudah melakukan peringatan kepada penambang untuk menghentikan aktivitas di lokasi yang berjarak tak jauh dari pekuburan Ampui.

"Menindaklanjuti laporan masyarakat yang bahwa ada aktivitas tambang di dekat pekuburan Ampui ini. Selanjutnya kami melihat arahan satpol PP mengenai temuan hari ini, jika ada unsur pidana kami siap menindaklanjuti." kata Kompol Nursamsi.

Di lokasi juga ditemukan mesin yang masih menempel diponton TI tersebut. Ada sekitar 14 ponton TI yang biasanya beroperasi. Namun, petugas tim gabungan tidak mampu membawa barang bukti tersebut ke daratan, lantaran medan menjangkau ponton terlalu rumit dan sarana yang digunakan ke tengah kawasan sungai tidak mumpuni. Sejumlah peralatan seperti sakan itu hanya ditertibkan oleh petugas, agar tidak bisa dipakai kembali oleh para penambang.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved