Tinjau Tiga Lokasi TI, Polres Pangkalpinang Tak Temukan Aktivitas Penambangan

Penertiban TI dilakukan karena adanya laporan dari masyarakat mengenai aktivitas tambang.

Tinjau Tiga Lokasi TI, Polres Pangkalpinang Tak Temukan Aktivitas Penambangan
Bangkapos/irakurniati
Polres Pangkalpinang meninjau keberadaan aktivitas tambang di kawasan Sinarbulan, Air itam, Rabu (30/1/2019). Namun dilokasi tidak terdapat aktivitas yang dilakukan penambang TI 

BANGKAPOS.COM - Usai melakukan penertiban tambang inkonvensional (TI) yang berada di kawasan Ampui, Kecamatan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Rabu (30/1/2019). Personel Polres Pangkalpinang juga memantau sejumlah lokasi yang dilaporkan memiliki aktivitas penambangan.

Setelah beralih dari kawasan Ampui, petugas menyusuri kawasan Teluk bayur dan Sinarbulan, untuk meninjau lokasi tambang yang mencemari sungai-sungai disekitarnya. Namun petugas tidak menemukan lagi aktivitas yang dilakukan penambang. Di lokasi hanya ditemukan bekas sakan atau alat yang biasa dipakai oleh penambang untuk bekerja.

Wakapolres Pangkalpinang, Kompol Nursamsi, didampingi kabag ops Kompol Sahbaini, mengatakan, penertiban TI dilakukan karena adanya laporan dari masyarakat mengenai aktivitas tambang. Sebelum melakukan penindakan, petugas sudah kerap memberikan peringatan agar tidak menjalankan aktivitas tambang yang berada dekat rumah warga atau dianggap meresahkan.

"Penertiban di kawasan ini (sinarbulan-red) disinyalir tidak memiliki izin. Selain itu dianggap mencemari aliran air bagi masyarakat lain karena posisi nya tepat di dekat perumahan warga." kata Kompol Nursamsi, Rabu (30/1/2019).

Sementara Kabag Ops, Kompol Sahbaini, menambahkan penertiban aktivitas tambang yang dilakukan bersama tim gabungan satpol PP dan subdempom Bangka, tidak menemukan barang bukti, hanya ada bekas sakan yang terletak di lokasi.

"Kita lihat sudah tidak ada aktivitas lagi disini. Tapi tidak menutup kemungkinan setelah ini balik lagi." ujarnya.

Hal ini diakuinya, akan terus diberikan peringatan dan dilakukan penindakan apabila terbukti memiliki indikasi unsur pidana didalam aktivitas tambangnya.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved