Eko Wijaya Dorong Pemerintah Aktif Libatkan Masyarakat Kembangkan Parekraf

Ketua DPR Partai Demokrat Babel ini yakin dengan melibatkan masyarakat secara aktif dalam sektor industri parekraf ini maka akan lebih meningkat

Eko Wijaya Dorong Pemerintah Aktif Libatkan Masyarakat Kembangkan Parekraf
Bangka Pos
Eko Wijaya Minta Petani Babel Lebih Diperhatikan agar Lebih Sejahtera 

BANGKAPOS.COM – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki berbagai potensi pariwisata yang sangat indah yang dapat memikat para wisatawan datang berkunjung.

Beberapa program pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai memfokuskan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Tidak hanya ditingkat provinsi, tapi ditingkat desa juga mulai sadar pentingnya membangun destinasi wisata.

Eko Wijaya, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, mengatakan agar program disektor parekraf ini dapat berhasil dengan baik, pemerintah dari tingkat provinsi hingga ke tingkat desa harus melibatkan masyarakat secara aktif

“Meskipun tidak terlibat aktif dalam membangun secara langsung, masyarakat bisa dilibatkan menjaga destinasi wisata. Kelompok-kelompok masyarakat bisa mengembangkan UMKM, ekonomi kreatif,” kata Eko Wijaya, Kamis (31/1/2019).

Ketua DPR Partai Demokrat Babel ini yakin dengan melibatkan masyarakat secara aktif dalam sektor industri parekraf ini maka akan lebih meningkat.  Contohnya pariwisata di Bali. Pemerintah setempat melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk mengembangkan sektor parekraf. Hasilnya perekonomian masyarakat tumbuh dengan pesat.

“Perekonomian masyarakat Bali bergantung dengan pariwisata. Berbagai industri kecil menengah, kesenian dan lain sebagainya tumbuh dengan baik,” ujar Eko Wijaya, Caleg DPR RI ini.

Destinasi wisata Bangka Belitung yang tak kalah menariknya dapat dijadikan modal utama. Pemerintah hanya tinggal melakukan pembinaan dan sosialisasi langsung kepada masyrakat.

Disisi lain, perkembangan teknologi informasi khususnya media sosial yang jauh lebih pesat dan dapat dimanfaatkan kearah yang lebih positif. Media sosial dapat dijadikan wadah untuk mempromosikan destinasi wisata di Bangka Belitung.

“Tidak hanya destinasi wisatanya saja yang dipromosikan. Hasil produk UMKM, baik makanan maupun souvenir bisa menggunakan media sosial sebagai tempat promosi. Selain murah, jangkauan promosinya sangat luas,” kata Eko Wijaya.

Diyakini Eko Wijaya industri parekraf di Bangka Belitung kedepannya akan lebih baik. Perekonomian masyarakat di Bangka Belitung tidak lagi bergantung hanya satu sektor saja. Tetapi banyak sektor yang bisa dijadikan masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya.

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved