2019 Pemerintah Kucurkan Dana Kelurahan, Kabupaten Belitung Timur Tidak Dapat Jatah

Menurut Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Babel Supendi total alokasi anggaran yang disiapkan berjumlah Rp 3 Triliun.

2019 Pemerintah Kucurkan Dana Kelurahan, Kabupaten Belitung Timur Tidak Dapat Jatah
posbelitung.co/dede s
Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Babel Supendi. 

BANGKAPOS.COM  - Pemerintah pusat akhirnya mengalokasikan sejumlah anggaran yang diperuntukkan bagi kelurahan pada APBN 2019. Menurut Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Babel Supendi total alokasi anggaran yang disiapkan berjumlah Rp 3 Triliun.

Sedangkan wilayah Provinsi Kepulauan Babel mendapat alokasi sekitar Rp 29,9 miliar.

"Nah khusus Kabupaten Belitung ini kan ada tujuh kelurahan, masing-masing mendapatkan alokasi sekitar Rp 370 juta. Nanti transfernya ke rekening kas umum daerah bagian dari Dana Alokasi Umum (DAU)," ujar Supendi kepada posbelitung.co, Kamis (31/1/2019).

Ia menjelaskan setiap kelurahan pada dasarnya juga membutuhkan anggaran tambahan untuk pemeliharaan sarana prasarana, infrastruktur sampai pemberdayaan masyakatnya.

Selain itu, semenjak pemerintah pusat mengucurkan Dana Desa, banyak kelurahan yang ingin kembali menjadi desa.

"Jadi kemungkinan sebagai pemerataan juga, walaupun jumlahnya tidak seperti Dana Desa. Karena kelurahan ini kan sedikit lebih maju dibandingkan desa," katanya.

Besaran Dana Kelurahan, Kabupaten Belitung Timur Tidak Dapat Jatah

Kementerian Keuangan telah menetapkan tiga kategori kelurahan yaitu kategori baik, perlu ditingkatkan dan sangat perlu ditingkatkan.

Masing-masing kategori tersebut akan menerima jumlah alokasi dana kelurahan yang berbeda.

Kategori baik mendapatkan alokasi‎ baik Rp 352.941.000, kategori perlu ditingkatkan Rp 370.138.000 dan kategori sangat perlu ditingkatkan Rp 384 juta.

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved