Embat Motor di Halaman Masjid Belinyu, Pria Ini Ditangkap Saat akan Nyebrang ke Sumsel

Pelaku pura-pura akan melaksanakan Sholat Magrib. Selanjutnya pada saat Sholat Magrib dimulai pelaku malah keluar dari masjid lalu

Embat Motor di Halaman Masjid  Belinyu, Pria Ini Ditangkap Saat akan Nyebrang ke Sumsel
IST/AKP Faisal Fatsey
Tersangka JAW alias JK (18) ditangkap oleh Polsek Belinyu Bangka. Pelaku ditangkap di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat, Jumat (1/2/2019). 

BANGKAPOS-.COM, BANGKA-- Lagi-lagi Polsek Belinyu berhasil mengungkap kasus pidana dalam waktu relatif singkat, Tersangka pelakunya berinisial JAW alias JK (18), pria asal Sumatera Selatan (Sumsel).

Pelaku ditangkap di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat, Jumat (1/2/2019).

Kapolres Bangka AKBP Budi Arianto diwakili Kapolsek Belinyu AKP Faisal Fatsey, Jumat (1/2/2019) menjelaskan kronologis kejadian ini.

Awalnya, korban pelapor, David Wibowo (24), Warga Jalan Mayor Safrie Rahman Batutunu RT/RW 001/007 Kelurahan Kutopanji Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka melapor kehilangan sepeda motor merek Honda Vario.

"Kronologis jejadian pada Hari Kamis, Tanggal 31 Januari 2019 sekira Pukul 18.35 WIB di halaman Masjid Arrahman Batutunu Kelurahan Kutopanji Belinyu," kata Kapolsek.

Modusnya, pelaku datang ke Masjid Arrahman Batutunu, lalu pada saat korban dan jemaah masjid lengah, pelaku mengambil kunci kontak sepeda motor milik korban yang diletakkan di atas kotak amal.

"Pelaku pura-pura akan melaksanakan Sholat Magrib. Selanjutnya pada saat Sholat Magrib dimulai pelaku malah keluar dari masjid lalu mengambil sepeda motor milik korban yang diparkir di halaman masjid, dan melarikan diri ke arah Sungailiat," kata Kapolsek.

Setelah menerima laporan korban, Kamis (31/1/2019) sekitar Pukul 19.00 WIB, Tim Unit Reskrim dan Piket SPK melakukan penyelidikan untuk mengungkap identitas pelakunya.

Hasil penyelidikan diketahui pelaku pencurian sepeda motor tersebut berinisial JAW alias JK (18).

"Kita juga dapat informasi bahwa pelaku diduga akan menyeberangkan sepeda motor tersebut ke Propinsi Sumsel sehingga kemudian pada Hari Jumat Tanggal 1 Februari 2019 sekira jam 01.30 WIB anggota Polsek Belinyu melakukan pengejaran terhadap pelaku ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat," katanya.

Tak lama melakukan perjalanan, Polsek Belinyu meminta bantuan personil polisi di Pos KP3 Tanjung Kalian untuk membantu memudahkan penyergapan pelaku dan barang hukti (BB).

"Hari Jumat, Tanggal 1 Februari 2019 sekira Pukul 08.50 WIB, Anggota Polsek Belinyu dibackup oleh Pos KP3 Pelabuhan Tanjung Kalian berhasil mengamankan pelaku dan BB di Pelabuhan Tanjung Kalian. Kemudian pelaku dan BB dibawa ke Polsek Belinyu guna proses penyidikan lebih lanjut," tegasnya.

Mengenai identitas pelaku JAW alias JK, Kapolsek memastikan merupakan warga luar Bangka Belitung. Pelaku asal Propinsi Sumatera Selatan, namun bekerja di warung makanan di Desa Karyamakmur Pemali Bangka.

"Tersangka JAW alias JK (18) merupakan karyawan swasta, Warjo Karyamakmur Pemali Bangka dan tinggal di Warjo tersebut. Namun alamat aslinya Desa Baturaja Kecamatan Rambang Dangku Propinsi Sumatera Selatan," kata Kapolsek.(bangkapos/ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved