Langkah Strategis Desa Tebing Menjadi Salah Satu Sumber Pupuk Kompos di Bangka Barat

Sejak beberapa tahun belakangan Desa Tebing sedang gencar-gencarnya melakukan upaya- upaya strategis.

Langkah Strategis Desa Tebing Menjadi Salah Satu Sumber Pupuk Kompos di Bangka Barat
Dokumentasi Pemdes Tebing
Proses pembuatan pupuk organik cair 

BANGKA POS - Sejak beberapa tahun belakangan Desa Tebing sedang gencar-gencarnya melakukan upaya-upaya strategis dengan melakukan pembangunan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjang aktivitas sehari-hari masyarakat maupun keperluan pemerintahan desa.

Desa Tebing yang terletak berdekatan dengan Desa Air Bulin dan Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa ini selain membangun sarana dan prasarana, juga melakukan penyaluran bantuan-bantuan yang diperuntukkan kepada pelaku usaha mikro dan sudah dilakukan oleh pemerintah desa sebagai wujud bakti melayani.

Pada tahun ini Pemerintah Desa Tebing sudah mencanangkan mengembangkan diri menggeluti pengolahan pupuk organik.

Berkenaan dengan itu Pemerintah Desa Tebing akan membeli dua ekor sapi yang dimaksudkan untuk memulai program desa dalam hal pembuatan pupuk organik berbentuk padat maupun cair.

Upaya ini diharapkan dapat membantu warga agar mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan kotoran hewan ternak yang biasa hanya ditimbun, karena selain menimbulkan bau tak sedap, tentu saja akan menjadi sarang bakteri serta sumber penyakit.

Program pembuatan pupuk organik ini dikatakan Sekretaris Desa Tebing, Angga Saputra nantinya akan sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan di desa.

“Dasar pemikiran yang menjadi acuan adalah karena sebagian besar atau bisa dikatakan mayoritas masyarakat di desa ini berprofesi sebagai petani atau pekebun.

Hambatan yang cukup terasa adalah saat kebutuhan pupuk yang meningkat namun harganya mahal.

Untuk itulah kami berpikir kenapa harus membeli kalau bisa membuat sendiri, dari situ kami mulai mencari-cari informasi dan mendatangi pakar-pakar untuk belajar bagaimana cara membuat pupuk organik,” ujarnya.

Pembangunan infrastruktur jalan setapak RT 05 Desa Tebing.
Pembangunan infrastruktur jalan setapak RT 05 Desa Tebing. (Dokumentasi Pemdes Tebing)

Dikatakannya melalui program ini Pemerintah Desa Tebing berupaya memberikan suatu solusi dari pemanfaatan kotoran hewan ternak tersebut satu diantaranya adalah dengan dijadikan sebagai pupuk organik.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved