Bahar Buasan: Budaya Bisa Jadi Andalan Pariwisata Babel

Sanggar-sanggar budaya perlu diperhatikan agar nantinya terlahir masyarakat yang peduli terhadap tradisi, seni dan budaya leluhurnya.

Bahar Buasan: Budaya Bisa Jadi Andalan Pariwisata Babel
Bangka Pos
Bahar Buasan menyapa anak-anak usai menari 

BANGKAPOS.COM -- Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengatakan budaya merupakan salah satu komponen yang menghidupkan pariwisata. Seperti Bali yang memadukan destinasi wisata dengan keasrian budaya lokal.

"Kalau kita bicara kota pariwisata tentu tak lepas dari budaya. Budaya ini menjadi suatu nilai tambah wisata. seperti tarian, maupun penampilan lainnya," kata Bahar Buasan di Pangkalpinang.

Begitu juga Bangka Belitung yang diproyeksikan menjadi Balinya bagian Barat Indonesia, memiliki kekayaan budaya yang mampu menopang keberlangsungan wisata. Budaya juga menjadikan wisata Babel menjadi lebih bernilai edukatif.

"Contohnya, kesenian kuda lumping yang beberapa hari lalu saya saksikan di Belitung, hal itu juga memperkaya kebudayaan di babel, oleh sebab itu budaya yang ada di Babel kita tetap harus mendukung walaupun itu bukan khas dari bangka sendiri," kata senator asal Babel itu.

Maka dari itu, sanggar-sanggar budaya perlu diperhatikan agar nantinya terlahir masyarakat yang peduli terhadap tradisi, seni dan budaya leluhurnya. Begitu pun kesenian yang bukan asli Babel juga perlu didukung.

Sebab, menurut Bahar, masyarakat Babel itu terdiri dari berbagai macam suku dan budaya.

“Orang yang tinggal di babel ini bukan satu suku saja, melainkan beragam, pluralisme. Tentu saja budaya yang ada dari daerah lain itu memperkaya kebudayaan yang ada di Babel ini," pungkas Bahar Buasan.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved