Desa Sinar Sari Fokus Kembangkan Sektor Pertanian

Sektor pertanian merupakan satu diantara potensi unggulan Desa Sinar Sari, Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat.

Desa Sinar Sari Fokus Kembangkan Sektor Pertanian
Pemdes Sinar Sari
Padi ladang di Desa Sinar Sari 

BANGKAPOS.COM - Sektor pertanian merupakan satu diantara potensi unggulan yang memberi kontribusi paling besar terhadap perekonomian warga masyarakat Desa Sinar Sari, Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat.

Kurang lebih sebanyak 447 KK yang tergabung kedalam 20 kelompok tani desa memanfaatkan lahan-lahan yang luas untuk ditanami berbagai jenis varian tanaman, seperti padi ladang, sayur-sayuran, buah-buahan hingga jenis obat-obatan.

Melalui peran pemerintah desa, banyak sekali pelatihan-pelatihan yang bertujuan memberikan tambahan pengetahuan dan pemahaman kepada warga yang mayoritas tergabung kedalam kelompok tani desa bagaimana teknik dan proses penanaman yang benar, hingga seperti apa klasifikasi dari tanaman tersebut yang akan membantu produktivitas hasil tanam.

Khoirullah selaku Kepala Desa Sinar Sari sangat komitmen mendukung upaya para kelompok tani desa maupun kelompok masyarakat lainnya yang berkomitmen dalam mendukung program-program pemerintah desa. Untuk itulah segala kebutuhan yang diperlukan mereka sebisa mungkin akan diupayakan realisasinya oleh Pemerintah Desa Sinar Sari.

"Potensi desa meliputi sumber-sumber alam dan sumber manusia yang tersimpan dan sudah terwujud di pedesaan, yang diharapkan pemanfaatannya bagi kelangsungan dan perkembangan desa. Alhamdulillah di desa ini setiap harinya dimanfaatkan oleh mayoritas masyarakat, ada yang bertani, berkebun, dan lain-lain. Kami selaku pemerintah desa selalu mengawasi, memantau, mengarahkan dan memberikan bantuan yang dibutuhkan warga desa untuk menggarap segala potensi yang ada di desa ini sehingga menjadi andalan dan kebanggaan bersama," ujarnya.

Sejak tahun lalu pemerintah desa melalui peran aktif pemberdayaan masyarakat, selain seringnya melakukan berbagai pelatihan maupun bantuan-bantuan seperti keperluan bertani. Sedikitnya ada 100 bibit batang durian berbagai jenis seperti Namlum, Tembaga, Musang King, Putri Dewa yang sudah disemai hingga siap tanam, dan 1000 batang serai wangi dan bibit sorgum untuk coba dikembangkan di desa ini sehingga program pemanfaatan potensi pertanian yang ada di Desa Sinar Sari juga bisa terealisasi dan mengimbangi desa-desa lain yang sudah terlebih dahulu menikmati hasil manis dari sektor potensi pertanian ini.

"Pemerintah Desa Sinar Sari sudah melakukan kerjasama dengan Desa Tebing dan Desa Beruas Kecamatan Kelapa untuk bersama-sama melakukan pengembangan dari sektor pertanian dan peternakan di desa masing-masing. Untuk keperluan pupuk organik akan disuplai oleh Desa Tugang dan Desa Beruas akan mensuplai bibit serai wangi dan sorgum," paparnya.

Desa Sinar Sari
Desa Sinar Sari (Pemdes Sinar Sari)

"Kedua jenis tanaman itu akan dikembangkan juga dengan bibit buah durian untuk terlebih dahulu dilakukan pembibitan dan kemudian baru dilakukan pembudidayaan ketiga jenis tanaman tersebut di seluruh kelompok tani desa," ucapnya optimis.

Pemerintah Desa Sinar Sari dalam memperhatikan masyarakatnya juga akan membangun jalan usaha tani yang lain untuk keperluan lalu lintas petani dan akan membangun sumur-sumur bor di masing-masing RT demi membantu keperluan air masyarakat.

Pada tahun 2018 lalu melalui Program Kementerian PUPR dan Dinas Perkumpulan sebagai eksekutornya, Desa Sinar Sari mendapatkan bantuan berupa renovasi rumah sebanyak 26 unit kepada masyarakat yang kurang mampu dan sedang diajukan kembali untuk renovasi lagi 20 unit rumah di tahun 2019 ini.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved