Eko Wijaya Dorong Peningkatan Pelayanan Transportasi Laut di Babel

Pengguna transportasi laut ke Babel mengalami lonjakan yang signifikan saat harga tiket pesawat mengalami kenaikan

Eko Wijaya Dorong Peningkatan Pelayanan Transportasi Laut di Babel
Bangkapos.com
Eko Wijaya 

BANGKAPOS.COM--Pengguna transportasi laut ke Babel mengalami lonjakan yang signifikan saat harga tiket pesawat mengalami kenaikan. Namun di sisi lain, masih perlu ada pembenahan yang dilakukan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sendiri.

“Saat ini Babel dihadapkan pada posisi untuk meningkatkan pelayanan transportasi laut, baik secara kualitas maupun kuantitasnya,” ujar Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Eko Wijaya (3/2).

Misalnya faktor keselamatan, menurut Eko keselamatan penumpang transportasi laut mesti dijamin. Caranya di antaranya dengan meminta dan mengawasi perusahaan pelayaran atau kapal untuk mengikuti aturan yang ketat.

“Jangan sampai keselamatan penumpang diabaikan, karena hal – hal teknis atau suatu hal yang ilegal,” tegas Eko.

Ketua DPD Partai Demokrat Babel ini menambahkan, yang tak kalah penting juga faktor keamanan. Pihak yang berwenang sedapat mungkin melakukan integrasi pengamanan terhadap kapal maupun penumpangnya, mulai dari sebelum masuk pelabuhan hingga ke luar dari pelabuhan.

“Jika tidak ada jaminan keamanan, kekhawatiran kita adalah akan berpengaruh pada jumlah pengguna transportasi laut nantinya,” kata Eko.

Paling penting, lanjut Eko, dengan banyaknya pengguna transportasi laut ke Babel ini, masyarakat pesisir atau sekitar laut mesti diberdayakan. Tujuannya untuk menambah penghasilan mereka atau meningkatkan kemampuan ekonominya.

“Pemerintah dapat berperan aktif menggandeng masyarakat tersebut segera mungkin, agar tidak ada peluang yang diambil oleh pihak – pihak yang tidak menguntungkan masyarakat atau bahkan menganggu stabilitas masyarakat pesisir atau sekitar laut yang sudah berjalan hingga sekarang,” pungkas Eko.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved