Imlek 2019

Imlek 2019-Fakta Tentang Jeruk Lokam yang Wajib Ada saat Imlek Disebut Buah Keberuntungan

Kehadiran buah jeruk dan pohonnya ternyata tidak kalah penting dibandingkan Angpao dan warna merah saat perayaan imlek. Berikut Filosofinya

Imlek 2019-Fakta Tentang Jeruk Lokam yang Wajib Ada saat Imlek Disebut Buah Keberuntungan
Bangka Pos
Imlek Tahun Babi Tanah 2019 

BANGKAPOS.COM – Tahun baru imlek yang jatuh pada tanggal 5 Febuari 2019 mendatang ternyata tidak hanya identik dengan angpao dan berbagai pernak pernik berwarna merah. Namun, juga buah jeruk yang dipercaya akan membawa keberuntungan.

Jeruk khusus untuk perayaan imlek biasanya jenis Lokam yang berwarna kuning atau oranye, bulat, dan berukuran lebih kecil. Kehadirannya sebagai simbol keberuntungan pun tidak secara serta merta tetapi mempunyai filosofi tersendiri.

Mengulik lebih lanjut, berdasarkan etimologi, jeruk dalam bahasa Mandari dikenal dengal istilah Chi Zhe yang diartikan sebagai buah rejeki. Lalu, jeruk berwarna kuning atau oranye sangat identik dengan emas yang melambangkan kesejahteraan dan kesuksesaan.

Melansir dari bedahbuah.net, secara filosofis, buah dan pohon jeruk melambangkan proses menuju keberhasilan. Kerja keras dan konsistensi hidup akan menuntun pada kesuksesan dan berbuah kebahagiaan.

Rasa jeruk yang kadang masam atau manis diartikan kehidupan kadang masam dan kadang manis.

Selain itu, tradisi Imlek juga menggunakan pohon jeruk atau Kim Kiat sebagai hiasan rumah. Harga jual pohon Kim Kiat ini juga cukup beragam, mulai dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

Lalu, ada lima fakta yang diuraikan tentang pohon jeruk pembawa keberuntungan saat imlek, melansir dari bobo.grid.id:

Fakta 1 – Keberuntungan

Pohon jeruk merupakan salah satu hal penting dalam perayaan Imlek.

Pohon jeruk imlek dianggap sebagai benda pembawa keberuntungan.

Halaman
123
Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: ediyusmanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved