Imlek 2019

Kesibukan Warga Tionghoa Jelang Tahun Baru Imlek 2019,: Sembahyang dan Membakar Kimchi

Tampak sebuah meja yang berisi garu, lilin merah dan sesaji seperti buah-buahan, ayam panggang serta nasi, tertata rapi di teras rumah warga Tionghoa

Kesibukan Warga Tionghoa Jelang Tahun Baru Imlek 2019,: Sembahyang dan Membakar Kimchi
Bangka Pos/ Reynila Sari
Warga Tionghoa Mulai Beribadah Jelang Tahun Baru Imlek 

BANGKAPOS.COM  – Tampak sebuah meja yang berisi garu, lilin merah dan sesaji seperti buah-buahan, ayam panggang serta nasi, tertata rapi di teras rumah warga Tionghoa di sepanjang jalan Kampung Jeruk, Pangkalan Baru, Bangka Tengah.

Taijigo (63), turut ikut melaksanakan ritual sembahyang Sam Sip Am Pu di halaman rumahnya di Kampung Jeruk. Bersama suami serta dua orang cucunya, mereka melakukan sembahyang tersebut sejak pukul 04.00. Kemudian pukul 07.45 mereka kembali melakukan sembahyang kedua.

“Tidak ada ketentuan berapa kalinya untuk melakukan sembahyang”, katanya, Senin (4/2).

Sembahyang tersebut guna untuk menutup akhir tahun imlek sebelumnya, selain itu juga untuk mendoakan Dewa yang ada di rumah, Dewa pelindung atau Dewa yang dianggap sebagai orang tua angkat, serta kepada mendiang leluhur.

Setelah ritual sembahyang selesai, mereka mengakhirinya dengan membakar beberapa helai kertas berwarna kuning, yang biasa dikenal dengan bakar Kimchi. Bakar Kimchi tersebut juga memiliki makna yang unik.

Warga Tionghoa Mulai Beribadah Jelang Tahun Baru Imlek
Warga Tionghoa Mulai Beribadah Jelang Tahun Baru Imlek (Bangka Pos/ Reynila Sari)

“Kimchi itu ibarat uang, dan uang itu untuk leluhur jadi cara memberinya dengan membakar Kimchi itu”, kata Apho (65), saat dijumpai Senin (4/2).

Selain itu, ada beberapa kegiatan yang tidak boleh dikerjakan saat hari pertama perayaan imlek, seperti menyapu dan mengepel rumah, menjemur pakaian di bawah matahari serta memotong rambut.

Saat perayaan imlek para warga Tionghoa juga tidak diperbolehkan untuk membeli sapu, sandal dan sikat. Hal tersebut merupakan adat dan menurut kepercayaan mereka apabila membeli ketiga barang tersebut dikata tidak berkat.

Menyambut perayaan imlek Taijigo bersama cucunya juga melakukan kegiatan seperti membuat asinan Kucai, membersihkan rumah , serta berburu kue keranjang. (Bangka Pos/ Reynila Sari)

Contoh Ucapan & Gambar Selamat Imlek 2019 Tahun Baru China 2570, Kirim Via WhatsApp dan Facebook

Imlek 2019 Sambut Shio Babi Tanah, Prediksi: Tahun Ini Jaga Perasaan Agar Tak Menimbulkan Kekecewaan

Imlek 2019, Ucapan Selamat Imlek 2019 atau Tahun Baru China 2570 tak cuma Gak Cuma Gong Xi Fa Cai

Subscribe canel baru Youtube Bangka Pos:

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved