Video : Festival Harmoni Imlek, Pembauran Masyarakat di Bangka Belitung

Semboyan Fan Ngin Thin Thong Jit Jong menjadi pemersatu masyarakat di Pulau Bangka dan Belitung. Slogan yang memiliki makna Melayu China

BANGKAPOS.COM. BANGKA--Semboyan Fan Ngin Thin Thong Jit Jong menjadi pemersatu masyarakat di Pulau Bangka dan Belitung. Slogan yang memiliki makna Melayu China itu sama, menjadi bukti pembauran ras penduduk yang hidup rukun di Negeri Serumpun Sebalai ini.

Harmonisasi ini terlihat saat ribuan masyarakat memadati Klenteng Amal Bakti di Jalan Laut Kelurahan Sinar Jaya Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Senin (4/2/2019) untuk merayakan Festival Harmoni Imlek 2570.

Kendati Imlek menjadi tradisi umat Thionghoa, namun banyak warga Melayu yang datang menyaksikan event tersebut.

Diakui Wakil Bupati Bangka Syahbudin Festival Harmoni Imlek ini kaya akan nilai-nilai harmonisasi dan budaya.

"Festival Harmoni Imlek ini meningkatkan nilai-nilai toleransi yang hidup dalam ber-Bhineka Tunggal Ika," ungkap Syahbudin.

Ia berharap, melalui event ini bisa mempromosikan budaya dan pariwisata di Kabupaten Bangka secara global.

Untuk itu Syahbudin berharap Festival Harmoni Imlek ini dapat menjadi agenda rutin tidak hanya pada event lokal tetapi juga internasional.

"Semua golongan mari kita bahu-membahu melestarikan Imlek," ajak Syahbudin.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Babel, Yanuar mengatakan, parayaan Imlek ini menjadi bagian dari program unggulan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Bangka Belitung ini mempunyai adat budaya yang bermacam-macam. Di satu sisi masyarakat Bangka Belitung ini masyarakat yang majemuk tetapi dalam menyelenggarakan kegiatan masyarakat kita ini baik pribumi maupun non pribumi menyatu.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved