VIDEO: Hujan Deras, Depan Kantor BBI Hingga Dinkominfotik Sungailiat Bangka Banjir

Kondisi jalan Ahmad Yani depan Balai Benih Ikan Sungailiat hingga Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka

BANGKAPOS.COM. BANGKA-- Kondisi jalan Ahmad Yani depan Balai Benih Ikan Sungailiat hingga Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka, Selasa (5/2/2019) kembali digenangi banjir saat hujan deras sejak siang hingga sore hari.

Para pengemudi kendaraan roda dua dan roda empat harus benar-benar waspada dan berhati-hati karena kedalaman air bisa mencapai sekitar 30 centimeter dengan arus yang cukup deras.

Jika tidak berhati-hati kendaaran bisa terjatuh atau tertarik arus ke selokan yang cukup dalam.

Kondisi ini membuat para pengendara kendaraan mengalihkan jalur kendaraannya terkadang satu jalur ke depan kantor DPRD dan Bupati Bangka guna menghindari arus air yang cukup deras.

Untuk itu pengguna kendaraan harus memperlambat kendaaraannya agar tidak terjadi kecelakaan apalagi jalan sangat licin.

Kepala Satpol PP Kabupaten Bangka M Dalyan Amrie diwakili Kepala Bidang Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Bangka Muhammad Fauzi mengakui dari informasi BMKG dari jam 12.00 hingga 14.00 WIB terjadi hujan lebat terutama di seputar Sungailiat dan daerah-daerah lainnya di Kabupaten Bangka.

Hujan deras sekitar dua jam membuat genangan air naik kepermukaan.

"Pertama hujan deras tidak berhenti hampir dua jam dan kedua karena ini rutin setiap hujan deras pasti di Jalan Ahmad Yani depan kantor bupati dan kantor sekitarnya seperti kantor dinas pariwisata ini pasti akan banjir airnya meluap ke permukaan," ungkap Fauzi saat dikonfirmasi bangkapos.com.

Menurutnya, penyebab banjir ini kemungkinan saluran di hulu tersumbat ataupun kurang lebarnya saluran pembuangan air.

Ia mengatakan, sudah ada perbaikan tetapi volume hujan yang tinggi menyebabkan terjadinya banjir hingga mengenangi badan jalan.

Untuk itu setiap hujan deras pihaknya memantau beberapa titik selain di Jalan Ahmad Yani juga di Jalan Jenderal Sudirman Parit Padang seperti di Gang Rajabasa.

Biasanya jika di Jalan Ahmad Yani air meluap maka di Gang Rajabasa juga ikut meluap karena saluran airnya menyatu bahkan mengenangi beberapa rumah.

Begitu juga di kawasan Pasar Inpres dan Sidodadi Kampung Jawa serta di Maria Goretti yang selalu digenangi air saat hujan lebat.

"Kami berharap hujan ini segera reda. Kalau terus menerus disertai air pasang menyebabkan air genangan di beberapa tempat," kata Fauzi.
(BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved