WhatsApp Kini Bisa Dikunci Pakai Wajah dan Sidik Jari, Begini Caranya

Setelah beredar melalui rumor, fitur biometrik terbaru bagi pengguna WhatsApp akhirnya diluncurkan bagi pengguna, meski masih bersifat beta tester.

WhatsApp Kini Bisa Dikunci Pakai Wajah dan Sidik Jari, Begini Caranya
(PhoneArena)
Ilustrasi WhatsApp 

BANGKAPOS.COM - Setelah beredar melalui rumor, fitur biometrik terbaru bagi pengguna WhatsApp akhirnya diluncurkan bagi pengguna, meski masih bersifat beta tester.

Data biometrik pengguna dijamin kerahasiaannya, dengan dienkripsi dan disimpan di sisi perangkat, bukan di server WhatsApp.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengunci dan membuka aplikasi WhatsApp dengan wajah atau sidik jari, jika ponsel memiliki fitur Face ID atau Touch ID. Fitur ini baru hadir di platform WhatsApp untuk iOS.

Nantinya, setelah pengguna memperbarui WhatsApp ke versi terbaru, pengguna iPhone bakal bisa menggunakan fitur Touch ID (iPhone 8 dan ke bawah) atau Face ID (iPhone X, XS, XS Max, XR) untuk mengunci dan membuka WhatsApp.

Bagaimana caranya? Pertama, pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini di menu "Privacy" WhatsApp. Untuk mengaksesnya, pengguna cukup mengunjungi menu Settings> Account>Privacy.

Pada halaman "Privacy", pilih menu "Screen Lock". Pada tampilan ini, pengguna bakal disodorkan opsi untuk mengaktifkan fitur Face ID atau Touch ID, berdasarkan fitur yang ada di masing-masing perangkat, seperti yang disebut di atas.

Fitur biometrik <a href='http://bangka.tribunnews.com/tag/whatsapp' title='WhatsApp'>WhatsApp</a> versi iOSSoyaCincau, FossBytes Fitur biometrik WhatsApp versi iOS

Setelah itu, aktifkan toggle "Require Face ID" atau "Require Touch ID". Pengguna juga bisa mengatur jangka waktu bagi WhatsApp untuk mengunci aplikasi secara otomatis. 

Durasi penguncian WhatsApp bisa diatur mulai dari "Immediately", yang artinya bakal terkunci saat pengguna meninggalkan aplikasi WhatsApp, hingga waktu 1 jam.

Setelah WhatsApp terkunci pada waktu yang telah ditentukan, pengguna diharuskan melakukan pemindaian Face ID atau Touch ID untuk membukanya kembali.

Jika pengguna tak bisa membuka aplikasi WhatsApp melalui Face ID atau Touch ID (pemindaian gagal), pengguna WhatsApp diharuskan memasukkan passcode iPhone mereka.

Jika sedang tak ingin membuka WhatsApp, pengguna pun bisa membalas pesan dan menjawab telepon WhatsApp dari notifikasi di "Lock Screen", meskipun terlindungi teknologi biometrik ini.

Ingin menikmati fitur biometrik ini? Pengguna dengan perangkat iOS bisa memperbarui WhatsApp ke versi 2.19.20.19 melalui App Store.

Meski sudah meluncur di platform iOS, fitur biometrik serupa (fingerprint) untuk WhatsApp versi Android dikabarkan sedang dalam pengembangan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Senin (4/2/2019).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "WhatsApp Kini Bisa Dikunci Pakai Wajah dan Sidik Jari"

 
Tags
WhatsApp
Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved