Sekda Babel Sebut Pemprov Minta Aspirasi Masyarakat dalam Forum Konsultasi Publik RKPD 2020

Masyarakat dan instansi diundang dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung, sehingga nantinya bisa dibahas dan Musrembang

Sekda Babel Sebut Pemprov Minta Aspirasi Masyarakat dalam Forum Konsultasi Publik RKPD 2020
Bangka Pos/Krisyanidayati
Masyarakat yang menyampaikan aspirasinya di salah satu Organisasi Perangkat Daerah dalam Forum Konsultasi Publik RKPD 2020, di Gale-Gale Restoran, Rabu (6/2/2019). 

BANGKAPOS.COM  - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengundang 150 instansi di Babel dalam Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020, di Gale-Gale Restoran, Rabu (6/2/2019).

Dalam Forum Konsultasi Publik RKPD 2020 ini, pemprov Babel menyediakan 22 meja yang terdiri dari berbagai bidang atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga masyarakat dan instansi yang diundang dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung, sehingga nantinya bisa dibahas dan Musrembang tingkat Provinsi pada April mendatang.

Beberapa desk yang membuka masukan dan saran diantaranya ialah Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan Perikanan, Dinas Kelautan Perikanan, Dinas Pendidikan dan lainnya.

Sekretaris Daerah Babel Yan Megawandi mengatakan, pihaknya mengundang ratusan elemen masyarakat, seperti pelaku UMKM, tokoh pendidikan, organisasi mahasiswa, organasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, penggiat lingkungan dan lainnya.

"Kita mencoba menjemput masukan masyarakat, kita undang 150 institusi termasuk media, silahkan berikan masukan, nanti kami menampung masukan itu pengennya seperti apa sih kedepan," kata Sekda, usai pembukaan forum konsultasi publik, Rabu (6/2/2019).

Yan mengatakan, ini merupakan kali pertama pihkanya mengundang ratusan institusi dengan menggunakan sistem masukan per bidang.

Diharapakannya, dengan adanya konsultasi ini, masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan kebutuhan yang ingin dilaksanakan pemerintah daerah untuk kemajuan daerah dalam berbagai sektor.

"Kita mencoba menyempurnakan mekanisme selama ini formal dalam menampung aspirasi. Kita memang masih membutuhkan keformalitasan, tapi kita buat ini lebih simpel, setelah kita kasih tema silahkan mereka berdiskusi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, disini ada 22 desk yang isinya OPD sesuai bidang untuk mereka yang ingin menyampaikan aspirasi," kata Yan.

Ia menyebutkan, jika nantinya apa yang menjadi masukan ini bukan menjadi kewenangan provinsi, maka ini akan diteruskan pihkanya kepada pemerintah terkait baik kabupaten/kota maupun pemerintah pusat.

"Ini akan jadi bahan dalam Musrembang provinsi, masukan ini kita tampung sesuai kewenangan kita. Kalau bukan kewenangan kita akan kita sampaikan ke pihak terkait, misalnya ada usulan SD dan SMP, ini kan kavling kabupaten/kita. Kalau universitas ini pemerintah pusat, kalau SMA/SMK baru kita tindaklanjuti," katanya.

Tahun 2020 tema yang diusung Pemprov Babel adalah meningkat kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kesehatan dan pendidikan masyarakat. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved