Video: Unik, Telur Asin Bermotif Batik, Mengubah yang Biasa Menjadi Luar Biasa

Sesuai namanya, telur asin produksi Kelompok Telur Asin Bakar (Batik Karawang) ini memang terbilang unik

BANGKAPOS.COM - Jika selama ini kita mengenal batik sebagai teknik melukis di atas kain, di Karawang, kita diperkenalkan pada teknik membatik di atas telur asin.

Selain di Brebes, Jawa Tengah, daerah Karawang juga dikenal dengan produksi telur asinnya yang semakin populer.

Salah satu penghasil telur asin di Karawang adalah Kelompok Telur Asin Bakar (Batik Karawang) yang terletak di Desa Duwuan Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kelompok Telur Asin Bakar (Batik Karawang) didukung sepenuhnya oleh PT Pertamina (Persero) Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Cikampek.

Kelompok ini merupakan salah satu mitra binaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Pertamina (Persero) TBBM Cikampek tersebut sejak 2018.

Menurut Dewi Sri Utami, Unit Manager Communication & CSR MOR III, PT Pertamina (Persero) mendampingi para anggota Kelompok Telur Asin Bakar (Batik Karawang) melalui kegiatan-kegiatan yang mampu mendukung perkembangan kelompok.

Mulai dari pembentukan kelembagaan ternak bebek, pembangunan rumah produksi dan saung kumpul, pelatihan marketing dan pengemasan produk, sampai pengembangan market channel.

Meskipun baru berdiri pada 2017, kelompok ini menjadi salah satu kelompok industri rumahan lokal yang berkembang.

Kini, mereka telah mampu menjual telur asin sebanyak 3.000-5.000 butir per bulan.

Sesuai namanya, telur asin produksi Kelompok Telur Asin Bakar (Batik Karawang) ini memang terbilang unik.

Pada kulit luarnya, telur asin ini memiliki motif seperti batik. Kelompok ini menggunakan daun eceng gondok yang ramah lingkungan untuk membentuk motif batik pada kulit telur asin. Kemudian, telur asin tersebut dipanggang dalam oven.

PT Pertamina (Persero) Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Cikampek masih terus berkontribusi mendampingi Kelompok Telur Asin Bakar (Batik Karawang), mulai dari perbaikan mutu produk melalui inovasi teknologi ramah lingkungan, hingga proses pemasaran.

“Program ini ditujukan sebagai pengembangan keterampilan wirausaha masyarakat di wilayah Kecamatan Cikampek. Juga sebagai bagian dari pilar program CSR perusahaan, yaitu Pertamina Berdikari. Harapannya, telur asin bakar batik ini bisa menjadi ikon oleh-oleh khas Karawang di masa depan,” Dewi kembali berujar. (National Geographic/Astri Apriyani)

Editor: Alza Munzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved