Demi Imbangi Angkatan Laut AS, Empat Kapal Induk China Bakal Bertenaga Nuklir

Jumlah total kapal induk tersebut setidaknya enam unit, meski diyakini hanya empat yang akan ditugaskan

Demi Imbangi Angkatan Laut AS, Empat Kapal Induk China Bakal Bertenaga Nuklir
Net
Kapal induk Liaoning. 

BANGKAPOS.COM--Setidaknya empat dari enam satuan tempur kapal induk China yang direncanakan telah beroperasi pada 2035 disebut bakal menggunakan tenaga nuklir.

Hal tersebut sebagai salah satu upaya raksasa Asia itu dalam mengimbangi kekuatan angkatan laut AS. Demikian menurut para pakar militer di China.

Para pakar mengatakan, setelah mencoba untuk menyusul ketertinggalan dengan AS dalam teknologi kapal induknya selama beberapa dekade, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China kini telah semakin dekat untuk menyamai negara adikuasa itu.

Meski demikian, Beijing masih akan tetap tertinggal dalam hal pengalaman di pertempuran nyata dengan AS, yang telah banyak terlibat dalam peperangan.

Selain bertenaga nuklir, semua kapal induk baru China juga diharapkan akan dilengkapi dengan sistem pelontar elektromagnetik seperti yang digunakan oleh AS.

Sistem pelontar pesawat elektromagnetik milik AS, yang biasa disebut EMALS, mampu meluncurkan pesawat lebih banyak dan lebih cepat dibandingkan dengan sistem diesel yang sudah mulai ketinggalan zaman.

Saat ini China baru memiliki satu kapal induk yang telah beroperasi, yakni Liaoning, yang mulai bertugas pada 2012.

Satu kapal induk lainnya, Tipe 001A, yang sepenuhnya dibuat di China, kini masih dalam tahap uji pelayaran.

"Kapal induk bertenaga nuklir China dengan sistem peluncuran mirip EMALS, diperkirakan akan mulai beroperasi dengan Angkatan Laut PLA pada 2035."

"Jumlah total kapal induk tersebut setidaknya enam unit, meski diyakini hanya empat yang akan ditugaskan di garis depan," ungkap Wang Yunfei, pakar angkatan laut, yang juga mantan pejabat di kapal perusak Angkatan Laut PLA.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved