VIDEO: Bupati Bangka Ingatkan Kepala Desa Tidak Silau Pada Uang Desa

Dia minta agar para kades melakukan keuangan desa dengan tertib, transparans dan dapat dipertanggungjawabkan.

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka Mulkan mengingatkan, para kepala desa jangan bangga mendapatkan Alokasi Dana Desa (ADD) dan dana desa yang besar, tetapi bagaimana menggunakan uang tersebut dengan baik sesuai aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Jangan silau dengan uang ini. Jangan lupa diri. Ini berbahaya. Semua kepala desa jangan silau dengan dana desa yang cukup besar. Uang inilah yang mengantar kita kepada yang baik dan yang tidak baik," tegas Mulkan saat melantik Kades Sempan Satrawan, Kamis (7/2/2019) di Balai Desa Sempan

Dia minta agar para kades melakukan keuangan desa dengan tertib, transparans dan dapat dipertanggungjawabkan. Pasalnya dana yang masuk ke desa sangat besar.

Seperti besarnya ADD Sempan sebesar Rp 1.067.451.000 dan dana desa sebesar Rp 882.329.000 agar bisa dikelola dengan baik.

Oleh karena itu diingatkannya agar para perangkat desa jangan sampai terjerat kasus tindak pidana korupsi (tipikor).

"Kepala desa yang baru khususnya jangan kaget dengan uang desa ini. Jangan silau dengan uang desa ini, jangan lupa diri. Hindari yang tidak baik. Jangan sampai nanti tangan dua jadi satu. Ini saya tekankan," pesan Mulkan memperingatkan para kades.

Untuk itu ia minta agar pengelolaan keuangan desa dengan sebaik-baiknya musyawarah bersama masyarakat dan bekerjasama dengan BPD.

Menurutnya jangan mentang-mentang pengelolaan keuangan desa menjadi otoritas kades, peran BPD dilupakan.

"BPD adalah DPRD yang ada di desa. Jadi harus bersama-sama. Jangan sampai ada tarik menarik atau gontok-gontokan. Ini kami tidak mau mendengar seperti itu," pesan Mulkan.

Diingatkannya, bahwa pembangunan tidak akan berjalan jika perangkat desa tidak bekerjasama.

Halaman
12
Editor: ediyusmanto
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved