Anggaran Desa di Bangka Tengah Bertambah, Segini Jumlahnya

Kabid Pemdes, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sirajudin, mengatakan terjadi peningkatan anggaran Desa pada tahun 2019

Anggaran Desa di Bangka Tengah Bertambah, Segini Jumlahnya
bangkapos/riki
Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. 

BANGKAPOS.COM--Terjadi penambahan anggaran untuk dana Desa yang bersumber dari APBN pada 2019 ini. Anggaran pada tahun 2018 sebesar Rp 47 milyar akan naik menjadi Rp 55 milyar.

Kenaikan juga terjadi pada alokasi dana Desa (ADD) dari APBD Bangka Tengah, dari sebelumnya Rp 52 milyar kurang lebih, tahun 2019 naik menjadi Rp 53 milyar disalurkan ke 56 desa di enam Kecamatan yang ada di Bangka Tengah.

Kabid Pemdes, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sirajudin, mengatakan terjadi peningkatan anggaran Desa pada tahun 2019 ini, semoga bisa dimanfaatkan benar oleh pemerintah Desa.

"Sudah dialokasikan di Desa masing masing, tetapi tahun ini belum dikucurkan, kita masih menunggu dari daerah menyampaikan laporan konsolidasi penggunaan dana desa, setelah itu baru dilakukan pencairan dana Desa tahap satu 2019,"jelas Sirajudin mewakili plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan  Desa Ahmad Muslimin, kepada wartawan, Jumat (8/2/2019).

Sirajudin mengatakan prioritas dana Desa bedasarkan peraturan Menteri desa nomer 16 tahun 2018 tentang prioritas penggunaan dana desa yaitu pengoptimalkan dalam bidang pembangunan dan pemberdayan masyarakat Desa.

" Mudah mudahan, dana desa bisa dimanfaatkan benar untuk kesejahteraan masyarakat desa, selain itu penggunaan dengan aturan dan ketentuan sesuai perundang undangan yang berlaku, dan tepat sasaran,"tegasnya

Sementara, data sebelumnya untuk penyerapan anggaran Desa di Kabupaten Bangka Tengah pada tahun 2017, mencapai Rp 96 miliar, atau 93,74 persen dengan sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) Rp 7,1 miliar.

Dari itu, desa yang paling rendah penyerapanya yakni Desa Pedindang dengan 78,50 persen diikuti Air Mesu 78,62 persen.

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved