Bank Sumsel Babel Kucurkan Rp 7,4 M Untuk KSR

Dengan total lahan seluas 237,02 hektar yang sudah dibiayai KSR oleh Bank Sumsel Babel pada tahun 2018

Bank Sumsel Babel Kucurkan Rp 7,4 M Untuk KSR
Bangkapos/Nurhayati
Kegiatan panen bersama ubi casesa lewat program KSR dan pengukuhan pengurus petani singkong Kecamatan Puding Besar, Jumat (8/2/2019) di lahan milik Kelompok Tani Desa Saing. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Pimpinan Bank Sumsel Babel Sadikin Syamsumin mengatakan Bank Sumsel Babel sudah mengucurkan Kredit Singkong Rakyat (KSR) untuk 284 petani di Kabupaten Bangka.

Dengan total lahan seluas 237,02 hektar yang sudah dibiayai KSR oleh Bank Sumsel Babel pada tahun 2018.

Sedangkan jumlah plafon yang sudah dikucurkan untuk para petani di Kabupaten Bangka ini sebesar Rp 3,8 milyar.

"Bank Sumsel Babel ini milik kita karena sahamnya disupport oleh pemerintah daerah. Setiap tahun disetor oleh pemerintah daerah. Jadi sudah lebih kurang Rp 34 milyar.

Kemarin ditambah lagi oleh Pak Mulkan Rp 1,2 milyar untuk penyertaan modal. Ini salah satunya alat untuk memberikan fasilitas kredit.

Atas keuntungan ini juga akan menambah pendapatan daerah Kabupaten Bangka," jelas Sadikin saat panen bersama ubi casesa lewat program KSR dan pengukuhan pengurus petani singkong Kecamatan Puding Besar, Jumat (8/2/2019) di lahan milik Kelompok Tani Desa Saing.

Pihaknya, sudah mengkaji dan menganalisir sangat potensi karena ubi casesa ini satu hektar bisa menghasilkan 40 ton dengan kredit Rp 16 juta plus bunga bank sekitar Rp 1 juta sehingga menguntung bagi petani.

Apalagi pelunasan pinjaman bank tersebut menunggu petani, panen ubi casesa.

Pada tahun 2019 ini menurutnya, per bulan Februari ini sebanyak 225 petani sudah mengajukan KSR. Namun masih dalam proses yang segera direalisasikan dengan plafon Rp 3,6 milyar.

Dikatakan Sadikin, jika sudah terealisasi jumlah petani yang sudah dibiayai dengan kredit usaha rakyat melalui KSR tersebut total plafon yang dicairkan oleh Bank Sumsel Babel mencapai Rp 7,4 milyar.

Untuk total yang dibiayai melalui program KSR sebanyak 509 petani dengan luas 462,3 hektar.

"Mudah-mudahan, kami juga sangat yakin Insyaallah, Allah memberi jalan kepada kita bisa dijabah kalau kita mau berusaha, petani Puding Besar tambah makmur sesuai dengan konsep pak bupati programnya adalah Bangka Setara. Kami Bank Sumsel Babel siap mendukung," kata Sadikin. (BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved