Banyak Manfaatnya, Terung Bisa Melawan Kanker Sampai Atasi Asam Urat

Setiap terung memiliki kadar antioksidan dan fitonutrien, tetapi memiliki kualitas yang sama yaitu melawan kanker.

Banyak Manfaatnya, Terung Bisa Melawan Kanker Sampai Atasi Asam Urat
Nakita.Grid.id
Terung dapat membuat kurus dan atasi asam urat. 

BANGKAPOS.COM - Bila Anda pernah berkunjung ke warteg atau rumah makan padang, olahan makanan terung kerap terlihat.

Kalau kamu termasuk orang yang membeli terung tersenyumlah, karena sayuran yang memiliki banyak bentuk ini bisa membuat kurus dan atasi asam urat.

Melansir dari Dr. Axe, terung adalah sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, fitonutrien khusus termasuk senyawa fenolik, flavonoid seperti nasunin, dan banyak vitamin dan mineral juga.
Karena punya beragam nutrisi, terung hanya memiliki 35 kalori per gelas, justru tinggi akan serat dan air.

Terung memiliki kandungan antioksidan yang jarang ditemukan, disebut nasunin.

Nasunin adalah jenis antioksidan antosianin yang ditemukan di semua jenis varietas terong selain buah-buahan dan sayuran berwarna. Oleh karena itu terung memiliki manfaat kesehatan yang terduga karena kandungan nasunin ini.

Antioksidan bekerja untuk menangkal radikan bebas berlaku juga pada nasunin sehingga ia dapat mencegah pertumbuhan penyakit dan meningkatkan mekanisme tubuh.

Kebanyakan nasunin ditemukan pada terung berwarna ungu. Maka mengonsumsi terung ungu sekaligus dengan kulitnya bermanfaat untuk kesehatan.

Nasunin juga melawan inflamasi atau peradangan dan stres oksidatif karena ia mengumpulkan oksigen dan zat besi.

Zat besi yang ada pada nasunin mengikat molekul dengan zat logam beracun seperti merkuri, arsenik, dan timbal yang kemudian dibawa keluar dari tubuh sehingga menghasilkan detoksifikasi.
Selain itu, dapat melindung DNA dan membran sel dari stres oksidatif.

Untuk nutrisi yang ada pada terung sangat banyak di antaranya 35 kalori, 5 g serat, 3 g gula, 1 g protein, 0 g lemak, 8 g karbo, 6 persen dari kebutuhan sehari mangan, 4 persen dari kebutuhan sehari vitamin K, 4 persen kebutuhan sehari vitamin B1, 4 persen kebutuhan sehari vitamin B6, 3 persen kebutuhan sehari folat, 3 persen kebutuhan sehari magnesium, 3 persen kebutuhan sehari kalium, dan 3 persen kebutuhan sehari tembaga.

Halaman
1234
Editor: khamelia
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved