Kenali Gelaja dan Cara Mengatasi Katarak Kongenital yang Mengancam Bayi Sejak Dini

Katarak kongenital atau katarak bawaan yang terjadi pada bayi memang harus diwaspadai karena dapat mengancam keselamatan bayi.

Kenali Gelaja dan Cara Mengatasi Katarak Kongenital yang Mengancam Bayi Sejak Dini
Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Wakapolda Kombes Pol Djoko Erwanto menyaksikan proses operasi mata katarak gratis di RS Bhakti Wara Pangkalpinang, Senin (22/10/2018). 

BANGKAPOS.COM – Katarak kongenital atau katarak bawaan yang terjadi pada bayi memang harus diwaspadai karena dapat mengancam keselamatan bayi.

Satu diantaranya, buah hati dari artis Asri Welas yang sempat menghebohkan karena menderita katarak kongenital karena masalah metabolik.

Selain itu disebabkan terlalu banyak gula dan protein yang masuk ke anak.

Mengutip entertainment.kompas.com, putra bungsu Asri Welas menjalani dua kali operasi dalam satu bulan pada kedua matanya yang menderita penyakit katarak.

Bahkan Ibran juga harus melakukan transfusi darah hingga dua kali, lantaran sempat mengalami pembengkakan di tangannya.

Namun akhirnya Ibran bisa melihat kembali dengan bantuan kacamata plus 16.

Infeksi Wanita Hamil

Menerjemahkan www.allaboutvision.com, katarak kongenital atau katarak bawaan yang terjadi pada bayi baru lahir artinya lensa mata mengalami keruh dan tidak bening.

Sehingga, memerlukan penanganan medis berupa operasi katarak untuk memperbaiki penglihatan bayi. Namun, tidak semua kasus membutuhkan pengangkatan melalui pembedahan.

Penyakit yang menyerang mata bayi ini biasanya disebabkan kecenderungan bawaan infeksi, masalah metabolisme, diabetes, trauma, peradangan atau reaksi obat.

Halaman
123
Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: ediyusmanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved