Pemkab Bangka Akan Serahkan Enam Kapal Untuk Kelompok Nelayan

Kapal penangkapan ikan yang akan disalurkan itu berkapasitas dibawah tiga gross ton yang lengkap dengan

Pemkab Bangka Akan Serahkan Enam Kapal Untuk Kelompok Nelayan
Bangkapos/Nurhayati
Kapal nelayan yang di tambat di Dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Pemerintah Kabupaten Bangka, melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bangka pada tahun 2019 akan menyalurkan bantuan enam unit kapal penangkapan ikan bagi sejumlah kelompok nelayan.

Bantuan kapal ikan untuk nelayan tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) kegiatan tahun 2019 yang pekerjaannya dilakukan oleh pihak ketiga.

Rencananya enam unit bantuan kapal penangkapan ikan akan dibagikan kepada kelompok nelayan di Kecamatan Mendobarat, Riau Silip,  Merawang dan Belinyu.

"Kapal penangkapan ikan yang akan disalurkan itu berkapasitas dibawah tiga gross ton yang lengkap dengan alat bantu penangkap ikan," jelas Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Ibnu Taufik Hidayat kepada bangkapos.com.

Menurutnya bantuan kapal ikan dan kelengkapan alat bantu penangkap ini diberikan pemerintah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan.

Selain itu para nelayan dapat menjaga keberlanjutan sumber daya ikan agar tetap lestari.

"Sebelum disalurkan, kami melakukan verifikasi calon  penerima bantuan agar bantuan itu nantinya benar-benar tepat sasaran," jelas Ibnu.

Dia berharap, kelompok nelayan calon penerima, dapat dipergunakan semaksimal mungkin bantuan kapal penangkapan ikan terssbut agar tujuan program bantuan dapat terwujud sesuai harapan.

Disamping itu juga akan diberikan bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan berupa jaring ikan ciu, jaring udang dan jaring kepiting.

Bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan disalurkan bagi sejumlah nelayan di Kecamatan Mendobarat, Riau Silip, Merawang, Sungailiat dan Belinyu.

"Bantuan yang akan disalurkan kepada nelayan yang belum menerima bantuan kapal penangkapan ikan dari pemerintah baik pusat maupun pemerintah daerah," kata Ibnu.

Untuk itu pihaknya melakukan pembinaan kepada nelayan di daerahnya agar mampu mengoptimalkan usaha penangkapan dengan cara yang baik dan benar. (BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved