Ada Larangan Rekrutmen Tenaga Honorer, Pemprov Babel Dilematis

Sekretari Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tak menampik adanya aturan yang melarang untuk melakukan rekrutmen tenaga kontrak atau honorer

Ada Larangan Rekrutmen Tenaga Honorer, Pemprov Babel Dilematis
IST
ilustrasi Pegawai Honorer di Tiga Puskesmas Tandatangan Kontrak 

BANGKAPOS.COM  - Sekretari Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi tak menampik adanya aturan yang melarang untuk melakukan rekrutmen tenaga kontrak atau honorer di daerah.

Kendati demikian, Yan menyebutkan pengadaan tenaga honorer baru ini merupakan kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi. Sehingga hal ini dilakukan dan sudah direncanakan bahkan sudah dianggarkan.

Sebagaiamana diketahui pemprov Babel berencana untuk melakukan rekrutmen 127 tenaga honorer untuk empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Secara real kita memang butuh di satu sisi larangan untuk tidak menerima, di sisi lainnya kebutuhan real di masing-masing perangkat daerah dan mendesak," kata Yan, Senin (11/2/2019).

Ia menyebutkan, pihaknya belum bisa merekrut tenaga honorer dengan sistem Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K). Hal ini lantaran untuk P3K formasinya sudah ditentukan pemerintah pusat.

"Sementara kita belum bisa melajukan rekrutmen model P3K jika ingin memenuhi semua kebutuhan kita pada saat bersamaan, makanya itu yang kita lakukan," katanya.

Pihaknya, juga sedang melakukan evaluasi tenaga honorer untuk menyesuaikan aturan tersebut.

"Ini yang akan kita coba cari solusi, karena memang kondisi real di lapangan kita butuh, sementara aturan itu melarang kita merekrut. Model P3K juga enggak mungkin kita terapkan, kita akan koordinasi ke pusat," sebutnya.

Yan menjelaskan, pihaknya akan melakukan koordinasi ke pusat terkait hal ini.

"Di satu sisi ada kebutuhan real di lapangan, disisi lain ada larangan, di sisi lain ada jalan P3K ini tapi tidak juga memenuhi kebutuhan real," sebutnya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved