Dinsos PPPA Sambut Baik Keberadaan Satgassus Pengawalan Bansos

Terkait penyaluran bansos khusus untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) mendapatkan pendampingan dan pengawasan yang dilaksanakan oleh Tim Koordinasi

Dinsos PPPA Sambut Baik Keberadaan Satgassus Pengawalan Bansos
(BANGKA POS / DEDY Q)
Kepala Dinsos PPPA Pangkalpinang Fitriansyah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Pangkalpinang Fitriansyah mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Pengawalan Bantuan Sosial (bansosl dari unsur kepolisian di Pangkalpinang.

Ini sesuai amanat dari Kementerian Sosial terkait MoU antara Kemensos RI dengan Polri.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Satgassus Pengawalan Bansos Polres Pangkalpinang kemarin.

Fitriansyah mengatakan, selama ini terkait penyaluran bansos khusus untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) mendapatkan pendampingan dan pengawasan yang dilaksanakan oleh Tim Koordinasi (Tikor) Bansos Pangan mulai dari tingkat kota. Tingkat kecamatan dan Tim Pelaksana (Timlak) Tingkat kelurahan.

Sedangkan untuk Program PKH dilaksanakan oleh pendamping PKH.

Menurut dia, keberadaan Satgassus ini akan membuat penyaluran semakin efektif.

"Sehingga dapat bersama sama tikor Bansos Pangan dan PKH mengawal program ini lebih tepat sasaran, tepat waktu. Tepat Mutu dan tepat adminstrasi," kata Fitriansyah, Senin (11/2/2019).

Pada 2019, sebanyak 5678 kepala keluarga (KK) di Pangkalpinang mendapatkan bansos BNPT sebesar Rp 110 ribu per bulan per KK. Uang itu digunakan untuk pembelian beras dan telur di e-warung yang ada di kecamatan-kecamatan.

Sementara untuk masyarakat yang menerima bantuan PKH pada tahun ini adalah 3476 KK dengan jumlah bantuan bervariasi sesuai komponen yang dimiliki Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan dimanfaatkan untuk kesehatan, ibu hamil, pendidikan anak sekolah, kesehatan lansia dan disabilitas.

"Kami sudah sepakati bersama ada beberapa yang perlu dikawal dalam penyaluran bansos terutama terkait daftar penerima manfaat. Jumlah dan jenis bansos. Mekanisme penyaluran dan pendampingannya," kata Fitriansyah.

Polres Pangkalpinang bentuk satgas khusus yakni satgas pam dan gakkum pendistribusian bansos (bantuan sosial) yang mengawasi dan mengawal pendistribusian program bantuan dari Kemensos RI, untuk memastikan bantuan tersebut sampai pada penerimanya.

Wakapolres Pangkalpinang, Kompol Nursamsi, mengatakan, Polres Pangkalpinang selalu siap membantu mengawasi dan mengamankan pendistribusian bantuan sosial keseluruh wilayah yang ada di Pangkalpinang.

Pengawalan distribusi bantuan sosial ini merupakan kesepakatan kerja antara Kemensos RI dan Polri.

"Agar dana bantuan sosial ini tepat guna dan tepat sasaran. Kami siap membantu mengawal, mendampingi dan mengamankan untuk pendistribusian ini." kata Kompol Nursamsi, Senin (11/2/2019).

(BANGKAPOS.COM / Dedyqurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved