Wagub: Mudah-mudahan Dibawah Pimpinan Prof Udin BUMD yang Kita Idamkan Menjadi Kenyataan

Kita berharap periode kepemimpinan pak Saparudin memberikan tanda-tanda kehidupan BUMD berumur panjang dan menghasilkan laba

Wagub: Mudah-mudahan Dibawah Pimpinan Prof Udin BUMD yang Kita Idamkan Menjadi Kenyataan
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah melantik Direktur Utama BUMD PT B3S di ruang rapat Tanjung Pesona, Senin (11/2/2019) sore. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Mantan Calon Wali Kota Pangkalpinang, Saparudin (Udin) dilantik menjadi Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera, di ruang rapat Pasir Padi, Senin (11/2/2019).

Saparudin yang kerap disapa Udin ini dilantik oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah berdasarkan Keputusan Gubernur nomor 188.44/166/IV/2019.

Pelantikan yang berlangsung sekitar 30 menit ini disaksikan langsung oleh Sekda Babel, Yan Megawandi, Asisten Bidang I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yulizar Adnan, Kepala Badan Keuangan Daerah, Ferry Afriyanto, Kepala Biro Ekonomi Setda Babel, Saimi dan undangan yang hadir.

Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah mengatakan ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan Udin untuk melakukan pembenahan.

"Tentu ini orang baru dan ini baru orangnya, harapan baru mencanangkan sesuatu yang baru. Saya ucapkan selamat atas dilantiknya dan selamat bergabung bersama kami, langsung laksanakan tugas dan benahi mulai hari ini," kata Fatah dalam sambutannya.

Ia mengingatkan, hadirnya BUMD memiliki tujuan untuk memberikan manfaat pada pengembangan perekonomian daerah, menyelenggarakan pemanfaatan umum yang bermutu sesuai potensi daerah sesuai, dan memperoleh laba atau keuntungan.

"Kita berharap periode kepemimpinan pak Saparudin memberikan tanda-tanda kehidupan BUMD berumur panjang dan menghasilkan laba. Tapi kalau jalan di tempat sama kondisi sewaktu yang lalu ini berat yang ada malah utang yang harus dibayar," tegas Fatah.

Ia meminta Udin untuk menunjukkan kinerja terbaiknya mulai dari merancang rencana  bisnis yang akan dikembangkan. Rencana bisnis juga harus disesuaikan dengan potensi daerah seperti kelautan perikanan, pariwisata, perkebunan, pertanian dan pertambangan.

"Tunjukkan kepada masyarakat Babel BUMUD sudah berubah wajah saat ini. Paling sangat perlu rencana bisnis BUMD, sesuaikan dengan potensi daerah dan lihat peluangnya. Misalnya kelautan perikanan bisa mengembangkan usaha suplai garam, mendukung resi gudang lada. Mudah-mudahan dibawah pimpinan prof Udin BUMD yang kita idam-idamkan menjadi kenyataan," katanya.

Disinggung soal mekanisme pemilihan Dirut PT B3S, menurutnya tidak menggunakan sistem tes melainkan usulan dari masing-masing pemegang saham yang kemudian disepakati secara bersama untuk memilih direktur utama.

"Dalam RUPS masing-masing pemegang saham mencalonkan kandidatnya, setelah itu  disepakati bersama dengan sistem demokrasi. Setiap pemegang saham bisa mengusulkan siapa saja," katanya.

Disinggung tolak ukur menentukan direktur utama, Fatah membantah jika itu berdasarkan kedekatan.

"Enggak lah berdasarkan kemampuan, saya sama prof Saparudin enggak dekat, kenal juga baru-baru ini," katanya.

(BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved