Suka Makan Nugget, Sosis atau Kentang Beku? Inilah Fakta Gizi 'Frozen Food' Dibanding Makanan Segar

Makanan frozen food, seperti nugget, sosis, kentang beku, bahkan buah dan sayur beku dapat disajikan dengan cara mudah dan cepat.

Suka Makan Nugget, Sosis atau Kentang Beku? Inilah Fakta Gizi 'Frozen Food' Dibanding Makanan Segar
studentlifeguide.co.uk
Gizi makanan beku atau frozen food dibanding makanan segar 

BANGKAPOS.COM - Beberapa tahun terakhir ini produk frozen food atau makanan yang dibekukan sangat mudah sekali ditemui dan memang banyak juga peminatnya.

Tanpa waktu yang lama, makanan frozen food, seperti nugget, sosis, kentang beku, bahkan buah dan sayur beku dapat disajikan dengan cara mudah dan cepat.

Tak khayal kalau beberapa ibu akan selalu menyediakan frozen food ini di rumahnya untuk bekal sekolah sang anak bahkan bekal kantor.

Tapi benarkah nutrisi yang terkandung dalam frozen food ini dapat menggantikan atau setara dengan makanan segar pada umumnya?

Frozen food seperti daging, ikan, buah, dan sayur beku ternyata memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan makanan segar lainnya.

Seperti hasil penelitian dari University of Minnesota, buah dan sayur ketika melewati pemetikan akan mengalami perubahan kimia seperti cepat membusuk atau rusak.

Bahkan saat melewati proses pencucian, kemungkinan terjadinya penurunan nutrisi pada buah tersebut dan bahkan buah mengalami perubahan rasa dan warna.

Kemudian saat buah dan sayur dikemas serta dibekukan kembali, semua vitamin dan mineral akan ikut membeku sehingga nutrisi masih bertahan di dalamnya.

Proses pengemasan biasanya menggunakan mesin vakum untuk menghilangkan udara dan dapat memperpanjang waktu penyimpanan makanan yang didinginkan, dikeringkan dan dibekukan.

Pada daging dan ikan yang dibekukan, nutrisi yang tersimpan hampir sama dengan daging dan ikan segar, namun tekstur dan rasanya akan mengalami perubahan.

Makanan
cookpad.com
Makanan

Menurut National Center for Food Preservation, pada suhu dingin, bakteri pembusuk tidak berkembang biak dengan sangat cepat yang membantu menjaga kualitas produk makanan.

Namun, beberapa bakteri berbahaya seperti, Clostridium botulinum dapat menyebabkan keracunan jika kita salah meletakkan frozen food ini dalam suhu ruangan.

Untuk kualitas terbaik simpan frozen food di dalam freezer dengan suhu sekitar -12°C.

Sebagai catatan, lebih baik untuk tidak mengonsumsi frozen food atau makanan beku ini secara terus menerus, karena dapat berimbas pada kesehatan juga. 

 Artikel ini pernah tayang di Health.grid.id oleh Nikita Yulia Ferdiaz dengan judul asli "Kata Siapa Frozen Food Tidak Bergizi? Ternyata Nutrisinya Hampir Sama Dengan Makanan Segar"

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved