Ahmadi Sopyan Ingin Bangkitkan Art Tourism untuk Tingkatkan Daya Tarik Wisata Babel

Setiap daerah butuh destinasi art tourism atau wisata seni. Jika sudah ada tempat untuk berkreasi dalam

Ahmadi Sopyan Ingin Bangkitkan Art Tourism untuk Tingkatkan Daya Tarik Wisata Babel
Bangkapos
Ahmadi Sopyan 

BANGKAPOS.COM--Budayawan, Ahmadi Sopyan mengungkapkan bahwa setiap daerah di Indonesia membutuhkan destinasi art tourism atau wisata seni.

Menurut Ahmadi, wadah bagi kegiatan seni dan budaya sangat diperlukan oleh setiap daerah.

Tempat ini ditujukan untuk wadah masyarakat menampilkan esensi budaya masyarakat sekaligus memperkenalkan kesenian daerah dan juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi wisata di daerah.

"Setiap daerah butuh destinasi art tourism atau wisata seni. Jika sudah ada tempat untuk berkreasi dalam melakukan kegiatan seni dan budaya, dari situlah kemajuan daerah bisa dinilai," kata Ahmadi Sopyan di Pangkalpinang.

Lebih lanjut, Ahmadi Sopyan yang juga maju mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Dapil Babel ini menyampaikan daerah Bangka Belitung (Babel) harus mencontoh daerah-daerah lain, diantaranya Bali dan Yogyakarta.

Daerah yang menyediakan destinasi wisata bisa menjadi magnet tersendiri guna menarik minat kunjungan para wisatawan.

"Destinasi priwisata itu tidak hanya sebatas wisata alam. Kelemahannya, masih belum adanya destinasi wisata budaya dan wilayah seni," terang Ahmadi.

Ahmadi Sopyan menambahkan gelaran seni daerah mesti diberikan wadah serta apresiasi dengan menghelat sebuah festival budaya Babel.

Perhatian lebih kepada para pegiat budaya dan pelaku seni dianggapnya salah satu cara mencuri perhatian wisatawan, selain mengunggulkan destinasi wisata alam yang ada.

"Seni dan kebudayaan bisa berupa musik tradisional, tarian, atau kesenian daerah yang merupakan bagian kebudayaan masyarakat Babel. Art tourism itu bukan untuk masyakat daerah, tapi untuk menyedot pengunjung dari luar provinsi untuk menyaksikan pergelaran festival seni budaya," pungkasnya.(*)

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved