Joget Kewer-Kewer dan Goyang Pinguin Bangkitkan Semangat Peserta Diklat

Sudah menjadi kebiasaan dalam pelatihan ketika memulai terlebih dahulu dengan segmen peleburan dan pendahuluan yang dikenal dengan Ice Breaking.

Joget Kewer-Kewer dan Goyang Pinguin Bangkitkan Semangat Peserta Diklat
bangkapos/edwardi
Sesi Ice Breaking dilakukan Dalam Diklat di Wilayah Kerja (DDWK) Pelayanan Publik Angkatan I Balai Diklat Keagamaan Palembang di Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Rabu (13/02/2019). 

BANGKAPOS.COM  -- Sudah menjadi kebiasaan dalam pelatihan ketika memulai terlebih dahulu dengan segmen peleburan dan pendahuluan yang dikenal dengan Ice Breaking.

Istilah ini sering dipakai dalam diklat atau training dengan maksud menghilangkan kebekuan-kebekuan di antara peserta, sehingga mereka saling mengenal, mengerti dan bisa saling berinteraksi dengan baik antara satu dengan yang lainnya.

Dalam Diklat di Wilayah Kerja (DDWK) Pelayanan Publik Angkatan I yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan Palembang di Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Rabu (13/02/2019), saat sesi Ice Breaking dilakukan dalam

Widyaiswara, H Taufiqurrohman dan H Gusman memutar sebuah video lagu dan para peserta diminta untuk bergoyang sesuai dengan irama dan gerakan instruktur yang ada dalam video tersebut.

Widyaiswara, H Taufiqurrohman mengatakan untuk melebur antar peserta maka diperlukan sebuah proses ice breaking.

"Sesi Ice breking ini juga kerap dilakukan di tengah-tengah diklat pada saat peserta sudah mulai jenuh dalam mengikuti materi yang diberikan instruktur," katanya.

Diakuinya, hal ini disebabkan orang dewasa dalam belajar cenderung cepat bosan dan lelah saat proses pembelajaran berlangsung.

"Dengan pemakaian teknik permainan seperti sesi Ice breaking dalam pembelajaran diharapkan dapat mengubah suasana yang membosankan menjadi lebih menyenangkan," ujarnya.

Dari hasil pantauan bangkapos.com, para peserta diklat tampak ceria dan bergembira mengikuti sesi tersebut.

Sering terdengar tawa riuh peserta saat ada salah satu peserta yang salah mengikuti gerakan.

Metode belajar ini terbukti efektif, setelah mengikuti sesi Ice breaking ini, para peserta tampak lebih bersemangat dalam menerima materi pada sesi selanjutnya. (BANGKAPOS.COM/EDWARDI)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved