Rekomendasi Sarapan Bubur Shanghai di Pangkalpinang dan Resep Memasak

Bubur Shanghai memiliki rasa khas dan nikmat menjadi salah satu makanan kegemaran untuk sarapan terutama adanya racikan rempah – rempah yang spesial

Rekomendasi Sarapan Bubur Shanghai di Pangkalpinang dan Resep Memasak
Instagram/besokdiet
Ilustrasi Bubur Shanghai 

BANGKAPOS.COM – Kebhinekaan adat istiadatan dan etnis di Pulau Bangka ternyata membawa keberagaman kepada kulinernya yang menjadi daya tarik wisatawan untuk bertandang. Satu diantaranya, kehadiran etnis Tionghoa yang memperkenalkan kuliner bubur Shanghai di Pulau Bangka.

Rekomendasi Sarapan Bubur Shanghai di Pangkalpinang dan Resep Memasakyang mampu beradaptasi dengan lidah masyarakat Bangka karena memiliki rasa khas dan nikmat ternyata bisa menjadi salah satu makanan kegemaran terutama untuk sarapan pagi. Kekhasan bubur ini terletak pada racikan rempah – rempah yang spesial. Namun, tetap menyajikan toping berupa potongan daging ayam seperti bubur pada umumnya.

Makanan pagi yang populer ini ternyata paling nikmat disantap ditemani segelas kopi. Amunisi menu sarapan itu mampu membuat seseorang menjalani aktivitas menjadi lebih semangat.

Satu diantara kedai yang menyediakan menu ini di Pangkalpinang, yaitu Kedai Kopi dan Bubur Sanhai milik Bung Ari. Tempat makan itu telah buka sejak 4 tahun lalu di Jalan R.E Martadinata atau belakang Bank Sumsel Babel Pangkalpinang. Buka setiap hari selasa hingga Sabtu mulai pukul 06.00 – 17.00.

Resep Memasak Bubur Shanghai

1.    Bersihkan ayam, rebus dgn air, garam, jahe sampai matang, angkat ayam sisihkan. rebusan air kaldu ayam jgan di buang karena akan dipakai sbg kaldu.

2.    Masukan beras ke dalam air kaldu tadi, tambahkan kecap asin, minyak wijen dan rebus bubur sampai matang (saya menggunakan panci presto kira2 10 menit)

3.    Jika menggunakan panci presto air kaldu yg dibutuhkan untuk membuat bubur itu adalah 500 ml, setelah 10 menit, dan telah dimatikan, tunggu sampai benar2 uapnya habis dan klep terbuka, kemudian buka tutup panci dan aduk hingga rata dan lanjutkan memasak bubur hingga didapat bubur yg halus dgn cara mengaduknya terus menerus, jika bubur belum halus dan airnya sudah susut, bisa ditambah air lg, dan diaduk hingga didapat bubur yg diinginkan,(jk memiliki mixer tangan tokebi lbh gampang lg, bisa diaduk lgsunh di kompor dan didapat bubur yg benar2 sempurna).

4.    Ayam rebusan yg td disisihkan dpt dibuat sebagai pelengkap bubur dgn dibuat ayam jahe caranya goreng parutan jahe sampai kering dgn minyal secukupnya, lalu tambahkan minyak wijen, masukan ayam rebusan, aduk hingga merata, dan angkat.

5.    Bubur siap disajikan selagi hangat dgn irisan cakwe, daun bawang, daun ketumbar atau seledri, tongcay, ayam jahe, kulit pangsit goreng, angsio ceker ayam, acar cabe rawit.

Halaman
123
Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved