MATAKIN Bidik Babel Jadi Sekolah Tinggi Agama Konghucu Indonesia Negeri

Majelis Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) rencananya akan membangun Sekolah Tinggi Agama Konghucu Indonesia Negeri.

MATAKIN Bidik Babel Jadi Sekolah Tinggi Agama Konghucu Indonesia Negeri
bangkapos/nurhayati
Bupati Bangka Mulkan berfoto bersama saat peresmian Kongmiao/Litang Amal Utama, Kamis (14/2/2019) di Kecamatan Pemali 

BANGKAPOS.COM -- Majelis Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) rencananya akan membangun Sekolah Tinggi Agama Konghucu Indonesia Negeri.

Untuk itu MATAKIN memprioritaskan pembangunan sekolah tinggi tersebut di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Deroh Harian MATAKIN Pusat Budi Suniarto saat peresmian Kongmiao/Litang Amal Utama, Kamis (14/2/2019) di Kecamatan Pemali.

"MATAKIN menempatkan Babel sebagai prioritas untuk pendirian Sekolah Tinggi Agama Konghucu Indonesia Negeri. Kami memberikan rekomendasi karena jumlah umat Konghucu di Babel banyak," kata Budi.

Menurutnya, Babel mempunyai nilai tersendiri bagi MATAKIN karena sebaran umat Konghucu menempati urutan kedua setelah Jawa Barat.

Anggota DPR RI Rudianto Tjen mendukung didirikannya Sekolah Tinggi Agama Konghucu Indonesia Negeri di Babel. Menurutnya semua agama di Indonesia ini perlu ada sekolah tinggi khusus di bidang agama masing-masing.

"Saya pikir boleh-boleh saja semua agama kalau bisa itu ada sekolah khusus, sekolah tinggi umatnya yang menjadi tokoh-tokoh agamanya, mereka mengenyam pendidikan yang benar-benar sesuai ajarannya. Mereka bisa belajar, bisa kuliah semua bisa menimba ilmu agama sesuai agamanya," kata Rudianto Tjen.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan, tidak masalah jika pemerintah pusat secara aturan tidak melarang pendirian Sekolah Tinggi Agama Konghucu Indonesia Negeri. Dalam hal ini pihaknya mendukung kebijakan pemerintah pusat jika di Babel akan didirikan Sekolah Tinggi Agama Konghucu Indonesia Negeri.

"Semuanya kan aturan ada di pemerintah pusat. Kami tetap mendukung apa pun kebijakan pemerintah pusat," tegas Mulkan. 

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved