VIDEO: Peresmian Kongmiao/Lintang Amal Utama Cerminan Keberagaman yang Harmonis di Kabupaten Bangka

Bupati Bangka Mulkan menilai keberagaman suku, budaya dan agama menjadi sebuah keunggulan di Kabupaten Bangka. Untuk itu ia mengajak masyarakat

BANGKAPOS.COM -- Bupati Bangka Mulkan menilai keberagaman suku, budaya dan agama menjadi sebuah keunggulan di Kabupaten Bangka. Untuk itu ia mengajak masyarakat agar terus menjaga kerukunan antar umat beragama, antar suku dan budaya.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka merasa bangga tentunya kepada masyarakat kita di Provinsi Bangka Belitung, khususnya di Kabupaten Bangka ini masih tetap menjaga kebersamaan dan toleransi kita terhadap penganut-penganut agama ini. Ini salah satu kebanggaan kami," ungkap Mulkan saat meresmikan Klenting Kongmiao/Litang Amal Utama yang didirikan Yayasan Amal Kebajikan, Kamis (14/2/2019) di Kecamatan Pemali.

Dikatakanya, rasa kebersamaan, pembauran dan toleransi beragama di Kabupaten Bangka tetap terjalin dengan harmonis.

"Tadi saya sampaikan kepada MAKIN (Majelis Agama Khonghucu Indonesia) pusat bahwa disini ada istilah Fangin Thongin Jit Jong, jadi kita ada rasa kebersamaan bersama-sama ini yang kita bina sampai hari ini," jelas Mulkan.

Menurutnya, disaat Hari Raya Idul Fitri, Natal maupun Imlek masyarakat di Kabupaten Bangka baik Melayu maupun Cina saling mengunjungi.

Dia juga meminta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk bersama-sama mengajak masyarakat menjaga kebersamaan dan hidup rukun damai.

"Masyarakat Bangka adalah masyarakat majemuk berbeda suku, berbeda agama tetapi kita tetap bersatu Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI adalah harga mati tidak bisa kita tawar-tawarkan. NKRI itu harga mati kita," tegas Mulkan.

Diharapkan, dengan berdirinya Kongmiao/Litang Amal Utama bagi penganut agama Konghucu dapat meningkatkan keimanan terhadap agamanya.

Anggota DPR RI Rudianto Tjen mengaku bangga sebagai warga Babel karena kerukunan umat beragama di Negeri Serumpun Sebalai ini sangat luar biasa.

Kondisi ini terlihat pada peresmian Kongmiao/Litang Amal Utama dihadiri berbagai etnis masyarakat.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved