Sektor Pariwisata Andalan Desa Kelabat

Desa Kelabat merupakan satu diantara desa dengan keberagaman etnis dan budaya yang ada di Bangka Barat.

Sektor Pariwisata Andalan Desa Kelabat
Dokumentasi Pemdes Kelabat
Obyek wisata Batu Belimbing Desa Kelabat Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat. 

BANGKAPOS.COM - Desa Kelabat merupakan satu diantara desa dengan keberagaman etnis dan budaya yang ada di Bangka Barat.

Desa Kelabat terletak di wilayah Pemerintah Kecamatan Parit Tiga, Desa Kelabat yang memiliki empat wilayah dusun ini banyak menyimpan potensi-potensi wisata alam yang bila dikembangkan dengan serius akan mendatangkan keuntungan yang banyak baik bagi desa khususnya maupun Kabupaten Bangka Barat umumnya.

Keberadaan potensi-potensi wisata alam ini telah sejak lama menjadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar Desa Kelabat maupun luar desa untuk berkunjung dan menjadi saksi indahnya potensi-potensi alam tersebut.

Kemegahan yang ditawarkan Bukit Batu Belimbing yang berada di Dusun Jebu Darat, keunikan Pantai Jebu Laut dan Pulau Timah yang berada di Dusun Jebu Laut. Ketiganya oleh Pemerintah Desa Kelabat sudah menjadi agenda serius pada program pengembangan peningkatan sektor pariwisata untuk menunjang PAD desa.

Upaya pengembangan kawasan wisata ini oleh Kepala Desa Kelabat, Chris Karyadi dikatakannya bahwa pemerintah desa sudah berkonsultasi dan mengajukan ke Dinas Pariwisata Bangka Barat dan dinas-dinas terkait yang mengurusinya untuk dilakukan pemeriksaan dan pantauan yang dibutuhkan agar pihaknya dapat memulai pengembangan masing-masing lokasi wisata tersebut.

“Mulai dari pembebasan lahan untuk membuat jalur masuk dan keluarnya maupun peremajaan area-area penunjang lokasi sudah di rancang dengan sedemikian rupa, bagaimana kami nanti akan menghidupkan geliat perekonomian masyarakat lewat pariwisata semua sudah terkonsep, tinggal sekarang bagaimana respon dari pemerintah daerah melalui dinas-dinas terkait untuk memberikan bantuan dan dukungan penuh menjadikan kawasan wisata di desa ini menjadi alternatif penarik wisatawan yang berkunjung ke Bangka Barat,” ucap Chris Karyadi.

Obyek wisata Pulau Timah
Obyek wisata Pulau Timah (Dokumentasi Pemdes Kelabat)

Pihak pemerintah desa juga sudah menyiapkan langkah-langkah yang dibutuhkan perihal bagaimana caranya mereka mengatur dan mentata lingkungan pantai yang saat ini kurang bagus karena kepadatan rumah-rumah semi permanen di sekitarnya menjadi semakin layak dan ramah untuk dikunjungi sehingga tentu akan menjadi lebih besar lagi daya tarik untuk berkunjung dan menikmati pesona pantai yang berhiaskan bebatuan besar di sepanjang tepi pantainya dan eksotisnya pulau timah yang berada tidak jauh dari bibir pantai.

Dikatakan Chris Karyadi, selain potensi-potensi wisata alam yang ada, warga desa keturunan Tionghoa di desanya juga secara turun temurun menjalankan tradisi sembahyang rebut yang juga dikenal dengan Chit Ngiat Pan setiap tahunnya dengan meriah. Tradisi sembahyang rebut ini sudah sejak lama dilaksanakan.

“Tradisi sembahyang rebut ini sudah berjalan secara turun temurun. Dengan adanya sembahyang rebut ini tentu juga akan memberikan nilai tambah untuk desa dimana para pengunjung di luar desa yang ingin melihat dan mengetahui tradisi sembahyang rebut ini. Tentu saja kemasan dari tradisi ini harus diperbaiki agar berbeda dan ditunggu-tunggu setiap tahunnya karena sudah menjadi agenda wisata religi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Barat,” katanya.

Pemerintah Desa Kelabat melalui Badan Usaha Milik Desa nya yang bernama Batu Belimbing akan mulai mengoperasikan unit usaha pangkalan tabung gas elpiji.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved