Desa Air Putih Percontohan Kampung KB di Bangka Barat

Desa Air Putih menjadi desa percontohan bagi desa-desa di wilayahnya sebagai Kmpung Keluarga Berencana (KB).

Desa Air Putih Percontohan Kampung KB di Bangka Barat
Dok. Pemdes Air Putih
Kegiatan di Desa Air Putih 

BANGKAPOS.COM - Prestasi Desa Air Putih Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat tahun kemarin cukup menjadi perhatian, satu diantaranya menjadi desa percontohan bagi desa-desa di wilayahnya sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB).

Prestasi ini juga dilanjutkan dengan launching perilaku hidup sehat dan penyerahan bus sekolah oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

“Kami sangat bersyukur atas prestasi yang didapatkan, mudah-mudahan kedepan desa ini semakin maju dan berkembang, prestasi terus meningkat,” ungakp Kades Air Putih Ayun Permana.

Ayun menyebutkan, prestasi itu sebetulnya didukung dari masyarakat dan potensi yang ada di desanya, seperti pertanian perkebunan, sektor pariwisata, makanan olahan, nelayan dan sebagainya.

Sektor perkebunan dan pertanian misalnya, hampir semua warganya memanfaatkan lahan mereka, dengan menanam lada, sawit, karet dan sebagainya.

“Memang mayoritas masyarakat kami bertani dan berkebun di sela pekerjaan lainnya,” ungkap Ayun.

Sektor pariwisata menjadi potensi yang belum tersentuh dengan baik hingga sekarang, wisata pantai dan hutan desa yang cukup potensial seperti Tanjung Ular dengan pasir putih serta air jernih.

Pihak desanya juga berencana akan mengembangkan sektor buah-buahan seperti durian, keranji kearah yang lebih serius, dengan melakukan pembibitan dan budidaya agar bisa dinikmati siapapun.

“Buah-buahan ini kebanyakan sudah ada dari orang tua zaman dulu, rencananya kedepan bagaimana ini bisa berkembang dan menjadi nilai ekonomis,” paparnya.

Penghargaan kepada tokoh masyarakat Desa Air Putih.
Penghargaan kepada tokoh masyarakat Desa Air Putih. (Dok. Pemdes Air Putih)

Masyarakat di Desa Air Putih yang sebagian besar bertani dan berkebun serta melaut juga pandai mengolah hasil dari perkebunannya.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved