Kabupaten Bangka Rawan Stunting, Dinkes Berikan Obat Cacing

Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka memberikan pelayanan obat cacing Albendazole melalui puskesmas dan posyandu bagi balita usia 12 sampai 23 bulan.

Kabupaten Bangka Rawan Stunting, Dinkes Berikan Obat Cacing
SPL via kompas.com
Cacing Parasit 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka memberikan pelayanan obat cacing Albendazole melalui puskesmas dan posyandu bagi balita usia 12 sampai 23 bulan.

Pemberian obat cacing tersebut untuk mencegah stunting melalui intervensi efektif.

Stunting merupakan gangguan tumbuh kembang anak akibat kekurangan gizi dan faktor terkait kesehatan lingkungan.

"Untuk pemberian obat cacing Albendazole ini kami pusatkan di posyandu yang terintegrasi dengan layanan imunisasi dasar," jelas Kasi Pencegahan dan Pengedalian Penyakit Menular, Surveilans, dan Imuniasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Sopianto, Senin (18/2/2019) kepada bangkapos.com di Sungailiat.

Selama Februari ini sudah ada 607 anak yang mendapatkan obat cacing Albendazole. Obat cacing tersebut disediakan di setiap posyandu dan puskesmas dengan target sebanyak 6.507 anak.

Obat cacing Albendazole adalah obat yang digunakan untuk menangani infeksi cacing pita, misalnya jenis Neurocysticercosis.

Selain itu obat tersebut juga bisa digunakan untuk mengobati jenis infeksi cacing lain.

Diakui Sopianto, pemberian obat cacing pada anak tersebut sangat penting karena berdasarkan survei melalui pemeriksaan tinja pada anak sekolah masih didapatkan prevalanse pada anak yang menderita kecacingan cukup tinggi sebesar 22 persen.

"Untuk pemberian obat cacing Albendazole sangat penting apalagi Kabupaten Bangka menjadi prioritas penanganan stunting pada anak balita," ungkap Sopianto.

(Bangkapos/Nurhayati)

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved