Kuliner Bangka Belitung

Asinan Kelubi Khas Bangka Tidak Hanya Sedap di Santap Tapi Punya Khasiat Bagi Kecantikan

Asing bagi Wisatawan luar pulau Bangka, ternyata asinan Kelubi yang asam, kecut, dan sepet membuat lidah merinding dan ketagihan saat mengigitnya

Asinan Kelubi Khas Bangka Tidak Hanya Sedap di Santap Tapi Punya Khasiat Bagi Kecantikan
resepkoki.id
Asinan Kelubi 

BANGKAPOS.COM – Buah Kelubi yang kerap diolah menjadi asinan khas di Pulau Bangka ternyata masih asing bagi wisatawan dari luar daerah. Rasanya yang asam, kecut, dan sepet membuat lidah merinding saat mengigitnya. Namun, uniknya makanan ini mampu membuat ketagihan.

Asinan kelubi yang menjadi makanan khas Bangka biasanya banyak dijual di sejumlah toko oleh-oleh. Umumnya dikemas di botol atau toples dan lebih nikmat ditambahkan cocolan garam cabe. Selain itu, kelubi juga bisa dijadikan campuran rujak Bangka.

Harga yang ditawarkan asinan buah kelubi bervariasi, jika dikemas dalam tempat khusus sedikit lebih mahal bekisaran IDR 30.000 - 50.000 pertoples dengan berat 700 gr.

Buah Kelubi yang digunakan sebagai bahan baku asinan harus yang sudah tua. Cara membuatnya pun tidak sulit, yakni mengupas kulitnya  lalu ditusuk-tusuk dengan jarum atau peniti. Tujuannya membuang rasa asam berlebihan dan mempermudah menyerapnya zat gula disaat dipemanaskan.

Setelah ditusuk-tusuk, buah kelubi di cuci, direndam air garam selama tiga hari berturut-turut agar daging asam kelubi tidak menyatu dengan biji. Seusainya, barulah tiris dan rebus sampai matang.

Sembari menunggu matang, buatanlah rebusan air gula pasir.Kemudian, buah asam kelubi yang sudah matang dimasukan ke dalam air gula untuk direbus yang kedua kalinya.

Perbedaan Buah Kelubi dan Salak

Buah kelubi dikenal sebagai Salak Palsu Bangka karena bentuknya menyerupai salak. Pohonnya pun sejenis pohon salak dan memilik duri, biasanya tumbuh secara alami di dataran rendah di rawa-rawa lahan gambut.

Berbeda dengan salak, setelah memanen buah ini pohon kelubi akan langsung ditebang untuk mengeluarkan tunas baru. Dalam satu kali berbuah, pohon ini dapat menghasilkan 300 - 400 buah pertandan. Buah kelubi lebih kecil daripada salak, berdiameter 3-5 cm.

Selain itu, perbedaannya terletak pada kulit kelubi lebih tebal, keras, dan harus dikupas menggunakan pisau. Meski teksturnya mirip salak tetapi rasanya sepat dan asam. Tak heran biasanya digunakan sebagai bahan campuran sambal terasi.

Saat ini mendapatkan buah Kelubi yang belum diolah cukup mudah dan tak perlu memasuki hutan karena bisa ditemui di perkampungan di wilayah Bangka Belitung, penjualan dengan cara digantung diikat dengan kondisi utuh belum diolah.

Khasiat Buah Kelubi Bagi Kecantikan

Rasa yang sepat asam manis memiliki vitamin C sehingga khasiat buah kelubi dapat membersihkan sisa jerawat, mengecilkan pori-pori kulit dan menghambat pertumbuhan jerawat.

Cara menggunakan buah kelubi ini mudah, caranya untuk dimanfaatkan dengan ambil buah kelubi 2-4 buah kemudian di cuci bersih kemudian dihaluskan atau diblender. Bubuhkan langsung ke wajah dan leher hingga merata bahkan bisa dijadikan masker tangan. Diamkan hingga 30 menit dan bilas dengan air dingin.

Lakukan perawatan ini 2 kali sehari secara rutin Ladies, dan Anda akan segera merasakan perbedaannya, wajah menjadi lebih kesat dan cerah bebas jerawat. (Bangkapos.com/jovanka)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved