Berita Bangka Belitung

Data Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang: Dua Tahun Minat Baca Turun

Dinas Perpustkaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang saat ini mengalami penurunan pengunjung sehingga minat baca untuk kalangan pelajar

Data Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang: Dua Tahun Minat Baca Turun
bangkapos/Yuranda
Dinas Perpustkaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM -- Dinas Perpustkaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang saat ini mengalami penurunan pengunjung sehingga minat baca untuk kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum cenderung menurun.

Terlihat dari data yang diperoleh bangkapos. com di Dinas Perpustkaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang untuk tahun 2017, sekitar 21.632 pengunjung sedangkan untuk mobil perpustakaan keliling ada 26.631 pengunjung, pada tahun 2018 sekitar 16.182 pengunjung dan untuk perpustakaan keliling 17.405 pengunjung.

Di tahun 2019 tercatat dari bulan Januari sekitar 1.027 pengunjung.

Kepala Bidang Perpustakaan Nurmala, mengatakan saat ini pengunjung cenderung turun dari tahun 2017-2018, dan untuk tahun 2019 dicatat dari Januari baru 1.027 pengunjung.

Nurmala pun sangat menyayangkan untuk masyarakat umum dalam minta membaca  cenderung kurang padahal itu sangat penting saat kita membaca itu pengetahuan bertambah sehingga dapat kita salurkan kepada anak-anak dan orang terdekat.

Ia menyarankan untuk orang tua yang mengantarkan anaknya khususnya anak-anak TK, ikut masuk kedalam dan membaca. Jika tidak mau baca yang terlalu berat disini juga ada buku belajar masak, buku inovasi dan lain-lainnya.

"Seperti contoh ada kegiatan anak TK, untuk orang tua jangan lah menunggu di luar. Ikut lah masuk sambil menunggu anaknya bisa baca - baca buku masak-masak, buku inovasi, dan lain." kata Nurmala

Tapi kami tetap berupaya untuk meningkatkan minat baca khususnya masyarakat umum, dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia.

Pengunjung yang datang dalam satu hari sekitar 100 pengunjung per hari, yang paling dominan datang ke perpustakaan dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Mentari satu di antara mahasiswa semester akhir saat ditemui bangkapos.com mengatakan ia sering datang ke perpustakaan ini tiga kali dalam satu minggu, dengan tujuan membaca dan mengerjakan skripsi.

"Saya sering kesini seminggu kurang lebih tiga kali, hanya sekedang membaca dan juga mengerjakan skripsi" kata mahasiswa semester akhir.

(Bangkapos/Yuranda/R6)

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved