Depat Capres 2019

Hasil Pleno, Jumlah Pemilih di Bangka Belitung Bertambah Sebanyak Ini

Berdasarkan DPTHP tahap 2 yang lalu, KPU Babel menetapkan jumlah pemilih tetap sebanyak 932.569 pemilih.

Hasil Pleno, Jumlah Pemilih di Bangka Belitung Bertambah Sebanyak Ini
Bangka Pos / Hendra
Rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih tambahan yang digelar KPU Propinsi Kep. Bangka Belitung, di Hotel Santika Bangka, Selasa (19/2/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – KPU Provinsi Bangka Belitung menetapkan jumlah pemilih tetap pemilu 2019 sebanyak 932.697 pemilih dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih tambahan (DPTb) tingkat provinsi yang digelar, Selasa (19/2/2019).

Rapat pleno terbuka dihadiri langsung oleh Komisioner KPU Babel, Komisioner Bawaslu Babel, Kanwil Kemenkum dan HAM Babel, Polda Babel, perwakilan partai politik, stakeholder terkait dan perwakilan forkopimda Babel.

Berdasarkan DPTHP tahap 2 yang lalu, KPU Babel menetapkan jumlah pemilih tetap sebanyak 932.569 pemilih. Sementara dari hasil DPTb tahap satu ini ada penambahan pemilih dengan total 932.697 atau penambahan sebanyak 128 pemilih.

Berdasarkan verifikasi data DPTb yang dilakukan KPU dan jajaran untuk pemilih yang masuk atau pemilik KTP luar daerah memilih ke Babel, sebanyak 1.132. Sebaliknya pemilih pemegang KTP Babel memilih diluar atau pindah tempat diluar Babel sebanyak 1.004.

Divisi Perencanaan dan Data Informasi KPU Babel, Guid Cardi mengatakan pena pemilih yang masuk tersebut pada prinsipnya sudah terdaftar di DPT. Tetapi karena keadaan, akhirnya mereka pindah tempat pemilihan.

“Kalau untuk DPTb masuk ini mereka memilih di wilayah babel karena alasan tertentu, seperti melaksanakan tugas pekerjaan, pindah domisili atau tempat tinggal, pendidikan ataupun berada di lapas. Semua data pemilih ini sudah kita inventarisir,” kata Guid Chardi.

Namun daftar pemilih ini belum final. KPU dan jajaran masih terus melakukan inventarisir data pemilih hingga awal Maret nanti.

“Data ini belum final. Masih ada perubahan. Saat ini masih terus kita data dan invetarisir hingga awal maret nanti,” kata Guid Chardi.

Sementara Ketua KPU Babel, Davitri menambahkan bagi pemilih yang sudah terdaftar sebagai pemilih dan hendak pindah tugas atau masuk ke Bangka Belitung agar bisa melaporkan ke KPU terdekat.

“Kita imbau kalau masih ada warga yang masuk DPT tapi pindah tempat agar bisa melaporkan segera. Kita harapkan mereka tetap bisa berpartisipasi dalam pemilu mendatang,” kata Davitri.

(Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved