BangkaPosiana

Deleg, Ikan yang Banyak Terdapat di Bangka Belitung ini Ternyata Dapat Mengobati Penyakit Diabetes

Ikan Gabus atau di Bangka biasa disebut dengan nama ikan Deleg, ternyata memiliki khasiat sebagai obat untuk kesehatan manusia

Deleg, Ikan yang Banyak Terdapat di Bangka Belitung ini Ternyata Dapat Mengobati Penyakit Diabetes
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO
Ikan deleg atau gabushasil tangkapan warga yang dijajakan di Jalan Raya Ciseeng, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. 

BANGKAPOS.COM - Ikan Gabus atau di Bangka Belitung biasa disebut dengan nama ikan Deleg, ternyata memiliki khasiat sebagai obat untuk kesehatan manusia.

Peneliti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, membuktikan, bahwa ekstrak Ikan Gabus yang banyak terdapat di perairan sungai di Bangka Belitung ini dapat menjadi obat penyakit Diabetes.

Dalam penelitian ini, para peneliti melakukan penelitian pada hewan uji. Hasil yang didapat pada hewan uji, ekstrak ikan Gabus dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaringan pankreas yang rusak.

Ikan Deleg Ternyata Dapat Mengobati Penyakit Diabetes

"Kerusakan jaringan pankreas sendiri, dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik atau kadar gula berlebih dalam darah," kata salah satu peneliti, Dr Dewi Hidayati SSi MSi.

Dewi mengungkapkan, sebelumnya hewan uji telah diberi senyawa aloksan ke dalam tubuhnya. Senyawa ini bertujuan untuk merusak jaringan pankreas pada hewan uji.

Setelah itu barulah hewan uji diberikan ekstrak ikan gabus. Tak lama kemudian, terlihat ekstrak ikan gabus mampu meregenerasi jaringan pankreas yang sebelumnya rusak akibat pemberian senyawa aloksan.

“Sebesar 69,78 persen jaringan pankreas dapat kembali normal,” jelasnya.

Lalu, apakah ekstrak ikan Gabus juga bisa mengobati impotensi akibat Diabetes yang diderita pria?

Menginap di Pesawat Udara Seperti Hotel Bintang Lima, Mau?

Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak ikan Gabus ternyata tidak hanya memulihkan jaringan pankreas, tapi juga berhasil meregenerasi jaringan testis hewan uji. Rencananya, riset tentang manfaat ikan Gabus ini juga akan dikembangkannya dalam hal molekular.

“Pendekatan molekular ini dapat menjadi ilmu baru dalam bidang pengobatan di Indonesia,” tuturnya.

Halaman
12
Editor: Herru W
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved