Inilah Daftar Bencana Tahun Lalu di Kabupaten Bangka

Tak hanya banjir, bencana yang juga memprihatinkan adalah terpaan angin puting beliung dan petir.

Inilah Daftar Bencana Tahun Lalu di Kabupaten Bangka
(Bangkapos/Ferylaskari)
Kabid Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kantor Satpol PP Bangka, Ahmad Fauzi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Musim hujan masih berlangsung. Namun pada Tahun 2019, belum ditemukan bencana vital. Hanya saja pada Tahun 2018 lalu, dipastikan berbagai bencana memprihatinkan terjadi di Kabupaten Bangka.

Tak hanya banjir, bencana yang juga memprihatinkan adalah terpaan angin puting beliung dan petir.

Kepala Kantor Satpol PP Kabupaten Bangka, Dalyan Amrie diwakili Kabid Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Ahmad Fauzi, Rabu (20/2/2019) mengaku tetap mengantisipasi kemungkinan terburuk di Tahun 2019.

"Yang jelas ada sembilan titik atau kasus banjir atau genangan air di Tahun 2018 lalu," kata Fauzi seraya menyebutkan kasus banjir tersebut berada di Kecamatan Sungailiat dan beberapa kecamatan lainnya.

Sementara itu tidak hanya banjir, bencana angin puting beliung juga menjadi masalah di Tahun 2018 lalu. Bencana angin puting beliung teecatat 15 kasus di Kabupaten Bangka.

"Bencana angin puting beliung atau angin kencang tersebar di berbagai kecamatan, ada 15 titik atau 15 kejadian di Kabupaten Bangka, pada Tahun 2018 lalu," katanya.

Angin puting beliung tersebut menyebabkan kerusakan pada sejumlah rumah warga. Atap dan dinding rumah warga roboh. Begitu pula pohon besar tumbang melintang jalan sehingga menggangu arus lalulintas.

"Ada yang menimpa rumah warga secara langsung dan pohon roboh tengah jalan," katanya.

Selain puting beliung bencana alam berupa petir melanda daerah ini.

Pada Tahun 2018, tercatat tiga kasus sambaran petir di Kabupaten Bangka.

"Sedangkan untuk longsoran tanah tidak ada. Hanya ada jembatan putus, jembatan akses jalan desa, akibat air yang volumenya tinggi. Jembatan penghubung antara dusun, ada tiga kasus pada Tahun 2018,"katanya.

(Bangkapos/Ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved