BangkaPosiana

Istri Nelayan Desa Belo Laut, Tak Mampu Beli Beras hingga Harus Buang Air Besar di Hutan

Kehidupan keluarga Retiningsih dan suaminya Takel, warga Dusun Terabek, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, membuat hati iba.

Istri Nelayan Desa Belo Laut, Tak Mampu Beli Beras hingga Harus Buang Air Besar di Hutan
foto/ Ryan
Rumah Ratiningsih bersama suami dan kedua anaknya di Dusun Terabek, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, 

BANGKAPOS.COM -- Kehidupan keluarga Retiningsih (34) dan suaminya Takel, warga Dusun Terabek, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, membuat hati iba.

Ibu dua anak ini menceritakan, terkadang dirinya terpaksa harus memakan ubi, karena untuk membeli beras dari penghasilan suaminya sebagai nelayan tak mencukupi.

"Terkadang kalau tidak ada beras kami makan ubi, Bapak tau sendiri lah nelayan terkadang ada terkadang juga enggak. Paling tinggi itu penghasilan suami saya Rp 50 ribu sehari, terkadang juga Rp 20 ribu ada Rp 35 ribu yah gitu lah pak,"ungkapnya

Rumah Ratiningsih bersama suami dan kedua anaknya di Dusun Terabek, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat
Rumah Ratiningsih bersama suami dan kedua anaknya di Dusun Terabek, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat (foto/ Ryan)

Kondisi rumah perantau yang sejak 2001 ini di Bangka Barat cukup memprihatinkan, dinding rumah terbuat dari papan dengan atas daun rumbia yang sebagian sudah bocor sedangkan lantainya di semen.

Tidak tampak barang-barang elektronik atau kursi yang berada di rumah ini, mereka duduk beralaskan tikar, untuk tidur mereka pun hanya mengandalkan kelambu seadanya.

Soal dapur dan peralatannya juga seadanya, kamar mandi dan WC memprihatinkan, terkadang mereka harus buang air besar di hutan.

"Begini lah pak kondisi keluarga saya, tetapi saya harus bersyukur meskipun tidak ada sedikit perhatian pemerintah kami,"ucap Restiningsih.

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved