Tahun 2018 Angka Kemiskinan di Bangka Barat Meningkat

Meskipun tidak terlalu besar kenaikannya, yakni pada tahun 2017 angka kemiskinan di Bangka Barat 2,98 persen, sedangkan tahun 2018 menjadi 3,05 persen

Tahun 2018 Angka Kemiskinan di Bangka Barat Meningkat
Bangkapos/Nordin
Penilaian penghargaan pembangunan daerah di perkantoran Bupati Bangka Barat, Rabu (20/2/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Menurut keterangan Dr. Nizwan Zukhri, salah satu tim penilai indevenden dari Universitas Bangka Balitung, yang dikutipnya dari data badan pusat statistik, bahwa angka kemiskinan di Bangka Barat meningkat di tahun 2018.

Meskipun tidak terlalu besar kenaikannya, yakni pada tahun 2017 angka kemiskinan di Bangka Barat 2,98 persen, sedangkan tahun 2018 menjadi 3,05 persen.

"Sebetulnya secara umum indikator ekonomi makro di Bangka Barat cukup bagus dibandingkan Kabupaten lainnya, misalnya dilihat dari PDRB, laju pertumbuhan ekonomi, kemudian tingkat pengangguran lebih rendah dibandingkan kabupaten lainnya," sebut Nizwan usai kegiatan penilaian penghargaan pembangunan daerah di perkantoran bupati Bangka Barat, Rabu (20/2/2019).

Menurutnya kalau laju pertumbuhan ekonomi meningkat, kemudian PDRB juga demikian, pengangguran menurun seharusnya tingkat kemiskinan juga menurun.

"Ini harus dianalisa, dikaji apa penyebabnya, apakah laju pertumbuhan itu hanya untuk masyarakat tertentu, misalnya menengah keatas," paparnya.

Nizwan menyebutkan, seharusnya pemerintah daerah menyiapkan data yang update mengenai wilayahnya, jangan sampai yang digunakan data 2017 sedangkan sekarang sudah 2019.

Karena data itu sangat penting, misalnya sebagai bahan dalam mengambil keputusan, dampak sederhananya saat mengambil keputusan, bisa salah. 

(Bangkapos/Muhammad Noordin)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved