Tradisi Buang Jong Suku Sawang Belitung Timur, Rangkaian Kegiatan Dilakukan Selama 4 Hari

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur akan menggelar kegiatan pelastarian Buang Jong tradisi Suku Sawang 2019

Tradisi Buang Jong Suku Sawang Belitung Timur, Rangkaian Kegiatan Dilakukan Selama 4 Hari
Istimewa dokementasi Disbudpar
Kegiatan Tradisi Buang Jong Suku Sawang pada 2018 lalu, di pemukiman Suku Sawang Desa Selinsing, Kecamatan Gantung. 

BANGKAPOS.COM   - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur akan menggelar kegiatan pelastarian Buang Jong tradisi Suku Sawang 2019, dengan serangkaian kegiatan selama empat hari, mulai hari ini 21 Februari - 24 Februari 2019.

Menurut Kasi warisan budaya dan tradisi Disbudpar Beltim Asnul, acara yang mengusung tema "Berkah di darat selamat di laut" memiliki makna bahwa mencari rizeki dan keberkahan atas rezeki yang diperoleh dan didapat sehingga setiap jerih payah yang dilakukan selalu mendapatkan rido dari Tuhan yang maha kuasa.

"Kegiatan ini di isi dengan berbagai acara dan kegiatan mulai dari pameran foto,demo masakan tradisional (koder) suku Sawang, malam tradisi lisan suku Sawang dan Suku Sawang Bercerita, serta kegiatan seru lainnya," ujar Asnul kepada posbelitung.co, Kamis (21/2/2019).

Kegiatan Tradisi Buang Jong Suku Sawang pada tahun 2018 lalu, di pemukiman Suku Sawang Desa Selinsing, Kecamatan Gantung.
Kegiatan Tradisi Buang Jong Suku Sawang pada tahun 2018 lalu, di pemukiman Suku Sawang Desa Selinsing, Kecamatan Gantung. (Istimewa dokementasi Disbudpar)

Kegiatan dimulai dengan pameran foto, Bediker dan malam tradisi lisan suku Sawang pada hari Kamis (21/2) hari ini bertempat di pemukiman suku sawang Desa Selinsing, Kecamatan Gantung pada pukul 13.00 WIB.

Selanjutnya Jumat (22/2) dengan kegiatan berasik, Suku Sawang bercerita pada pukul 13.30 WIB,

Open ceremony digelar pada hari Sabtu (23/2) pada pukul 19:30 WIB dengan ritual atraksi ancak, Jitun dan ke pulau Taun, dengan atraksi budaya tari Gajah Manunggang, Tari Sempan Geleng, dan campak laut, di lokasi yang sama.

Sedangkan Closing ceremony pada hari Minggu dengan kegiatan melarung Jong, bertempat di Pantai Mudong Manggar Minggu pagi sekitar pukul 08.00 WIB. (Pos Belitung/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved