Agung Berharap Public Service Center 119 Tidak Hanya Ada di Bangka Saja

Kami sering menerima studi banding dari PSC-PSC yang berasal dari luar kota, namun entah kenapa

Agung Berharap Public Service Center 119 Tidak Hanya Ada di Bangka Saja
Ist/PSC119 Sepintu Sedulang
Pelayanan Kesehatan oleh Tim PSC 119 Sepintu Sedulang Bangka 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Public Service Center (PSC) 119 Sepintu Sedulang Bangka, Budi Gustiansyah (Agung) mengibaratkan PSC Bangka sebagai sebuah permata jika dilihat dari luar Bangka.

Namun ibarat batu kerikil jika dilihat dari dalam provinsi.

Pengibaratan tersebut diucapkan oleh Agung lantaran Public Service Center hanya ada di Kabupaten Bangka saja, padahal ada tujuh kabupaten/kota di Babel yang seharusnya kesemua kabupaten/kota tersebut memiliki PSC.

"Kami sering menerima studi banding dari PSC-PSC yang berasal dari luar kota, namun entah kenapa kabupaten-kabupaten/kota lainnya yang ada di Babel dirasa belum tertarik untuk membentuk PSC," ujar Agung ketika ditemui di ruang kerjanya di PSC-SPGDT Bangka, Jumat (22/2/2019).

Beberapa PSC yang telah berkunjung ke PSC Bangka untuk studi banding sekaligus pelatihan bersama yaitu PSC Tangerang, PSC Bandung, PSC Aceh, PSC Tanjungpinang, bahkan dari Gorontalo.

Menurut Agung, pembentukan PSC memang merupakan kebijakan kepala daerah di suatu tempat.

Namun mengingat fungsi PSC yang sangat baik, maka sudah sangat wajar jika PSC dibentuk karena PSC merupakan lembaga atau badan yang bergerak di bidang gawat darurat pra rumah sakit bahkan membantu untuk tanggap bencana.

"Kami melayani masyarakat atau seseorang yang membutuhkan bantuan medis sebelum nantinya dibawa ke rumah sakit jika memungkinkan untuk dirujuk. Namun ketika tidak perlu dirujuk maka akan dilayani oleh tim kami di lokasi kejadian," jelas Agung.

Bagi masyrakat Kabupaten Bangka yang mengalami keadaan darurat baik itu kesehatan maupun bencana maka dipersilahkan untuk menelpon ke 119 tanpa harus memikirkan biaya telepon karena  PSC 119 bebas pulsa.

Untuk membantu kemudahan masyarakat, PSC Bangka telah bekerja sama dengan lima rumah sakit di Bangka yaitu RSUD Depati Bahrin di Sungailiat, RSUD Syafri Rachman di Puding Besar dan RSUD Eko Maulana Ali di Riau Silip. Selain itu ada juga Rumah Sakit Medika Stannia dan Rumah Sakit Arsani.

Untuk pembiayaan, PSC Bangka menjamin pelayanan yang mereka berikan tidak dipungut biaya alias gratis dan dengan pelayanan yang maksimal dengan tenaga medis berpengalaman. (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved